Batasi Lalu Lintas Hewan Ternak Jelang Idul Adha

BNPB akan Terapkan Lockdown Terkait Wabah PMK

* 800 Hewan Ternak Terpapar di Tangerang

392 view
BNPB akan Terapkan Lockdown Terkait Wabah PMK
(Bahtiar/detikcom)
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto 

Ibnu kembali menegaskan hewan yang disembelih dalam keadaan terpapar PMK boleh dikonsumsi. Menurutnya, baik dari sisi kesehatan maupun agama itu tidak masalah.

"Menurut MUI itu boleh. Kalau dari segi kesehatan, walaupun itu terpapar PMK itu nggak apa-apa dagingnya," pungkasnya.

Bebas PMK

Terpisah, Perum Bulog memastikan daging kerbau beku impor bebas dari PMK dengan hasil sampel daging terbukti PCR negatif dari Pusat Veteriner Farma Kementerian Pertanian.

"Alhamdulillah hasil uji PCR kemarin (Sabtu 04/06) sudah keluar dengan hasil negatif, jadi Bulog lebih yakin lagi untuk mendistribusikan komoditas daging kerbau beku ini guna mencukupi kebutuhan daging di Tanah Air," kata Direktur Supply Chain Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (28/6).

Suyamto mengatakan pengujian ini dilakukan demi meyakinkan lagi terhadap kondisi daging kerbau beku yang diimpor Bulog dari India dan juga menyikapi maraknya pemberitaan terhadap PMK yang menyerang ternak sapi di beberapa daerah.

Bulog melakukan uji PCR di Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) pada tanggal 2 Juni 2022.

Dia menerangkan, Bulog secara rutin melakukan uji laboratorium, termasuk uji PMK, untuk meyakinkan bahwa daging beku dari India memenuhi persyaratan kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com