Sabtu, 20 Juli 2024

Basarah Ungkap Peran Megawati Bawa NU-Muhammadiyah Raih Zayed Award 2024

Redaksi - Senin, 12 Februari 2024 10:42 WIB
379 view
Basarah Ungkap Peran Megawati Bawa NU-Muhammadiyah Raih Zayed Award 2024
Foto: Rizky Adha Mahendra/detikcom
Basarah
Jakarta (SIB)
PDI Perjuangan menggelar acara tasyakuran penganugerahan Zayed Award Human Fraternity (ZAHF) 2024 kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Muhammadiyah di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah merasa bangga pertama kalinya organisasi Islam dari Indonesia yang memenangkan penghargaan tersebut.

"Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, untuk pertama kalinya ada organisasi Islam dari Indonesia yakni Muhammadiyah dan NU yang mewakili bangsa Indonesia memenangkan penghargaan lembaga kemanusiaan yang sangat bergengsi di dunia, yakni ZAHF tahun 2024," kata Basarah dalam sambutannya, Minggu (11/2).

Basarah menyebut Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, memiliki peran penting sehingga kedua organisasi tersebut bisa memperoleh penghargaan.

"Hal ini tidak luput dari perjuangan gigih dan kepiawaian diplomasi Ibu Megawati Soekrnoputri dalam menjelaskan dan meyakinkan dewan juri lainnya tentang latar belakang berdirinya dan peran organisasi NU dan Muhammadiyah dalam memberikan kontribusinya bagi kemerdekaan bangsa Indonesia, dan membangun persaudaraan sesama umat Islam, persaudaraan sesama bangsa Indonesia, dan persaudaraan sesama umat manusia, dan peran-peran strategis NU dan Muhammadiyah lainnya bagi bangsa Indonesia dan juga dunia," ujarnya.

Basarah menyebut masuknya NU dan Muhammadyah mulanya diusulkan oleh Presiden Timor Leste, Ramos Horta. Menurut dia, nominasi untuk NU dan Muhammadiyah menandakan eksistensi kedua organisasi tersebut diakui dan dirasakan oleh bangsa luar dan agama yang berbeda.

"Kita sebagai bangsa Indonesia patut ikut merasa terhormat serta patus bersyukur atas kemenangan NU dan Muhammadiyah dalam ZAHF tahun ini. Kemenangan ini merupakan rekognisi dunia bagi organisasi Islam Indonesia yang membawa pesan toleransi, inklusif, dan persaudaraan universal dengan semangat Islam rahmatam lil alamin," jelasnya.

NU dan Muhammadyah, lanjut Basarah, memiliki program yang bermanfaat bagi pengentasan kemiskinan, pelayanan kesehatan, pendidikan, menjaga dan mengawal demokrasi bangsa, kesetaraan gender, dan merawat keberagaman.

"Kami atas nama keluarga besar PDI Perjuangan mengucapkan selamat kepada NU dan Muhammadiyah atas Anugerah Penghargaan dari ZAHF di tahun 2024. Tasyakuran ini memang secara khusus kami persembahkan kepada NU dan Muhammadiyah atas kemenangan di ZAHF 2024 dan atas upayanya dalam menjaga Indonesia bersama komponen bangsa yang lainnya," tuturnya.

Basarah menceritakan awal mula Megawati diminta menjadi dewan juri ZAHF. Mulanya, ada surat permohonan dari Sekjen lembaga tersebut, yaitu Prof Mohamed Abdusalam, pada 24 Juli 2023 lalu. Abdusalam, dalam suratnya, meminta kesediaan Megawati itu untuk menjadi salah satu dewan juri ZAHF 2024.

Ada enam orang juri ZAHF pada 2023-2024. Selain Megawati, ada imam Keuskupan Bueonos Aires 1967 Leonardo Sandri, Sekjen Konferensi PBB untuk Perdagangann Pembangunan serta Wakil Presiden Kosta Rika 1994-1998 Rebeca Grynspan Mayufis, Ketua Komisi Kebebasan Beragama Internasional Amerika Serikat Rabbi Abraham Cooper, Dirjen UNESCO 2009-2017 Irina Bokova, Sekjen ZAHF dan Sekjen Majelis Hukama Muslimin Prof Mohamed Abdulsalam. (detikcom/c)



SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pj Gubernur Agus Fatoni dan Tyas Fatoni Dinobatkan sebagai Ayah dan Bunda Duta GenRe
Fantastis ! Inilah 7 Arwana Termahal yang Harganya Bikin Melongo
Emas Antam Turun Hari ini 20 Juli 2024, Saat Tepat untuk Berinvestasi
Pj Gubernur Agus Fatoni Apresiasi Keberhasilan Polda Sumut Raih Penghargaan Kompolnas Awards 2024
Rapat Bersama Menko PMK, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni Jamin Persiapan PON Sesuai Jadwal
Ketua YPGMI Pdt Binran Sipayung : Jangan Ada Pembiaran Kesalahan
komentar
beritaTerbaru