Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Jalinsum Kotapinang Lumpuh Total, Penumpang Bus Terlantar di Emperan Ruko

Redaksi - Selasa, 18 April 2023 09:06 WIB
298 view
Jalinsum Kotapinang Lumpuh Total, Penumpang Bus Terlantar di Emperan Ruko
(Foto: SIB/Rudi Afandi Simbolon)
LUMPUH TOTAL: Kendaraan di Jalinsum Kelurahan Kotapinang macet berlapis-lapis, hingga lumpuh total berjam-jam, Senin (17/4). 
Kotapinang (SIB)
Ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kotapinang lumpuh total selama berjam-jam, pada Senin (17/4) dini hari. Akibatnya, sejumlah penumpang bus memilih turun dan beristirahat di emperan jalan maupun ruko warga.
“Terpaksalah kami turun dan beristirahat disini. Sebagian ada juga yang sahur. Mulai jam 12.00 lah kami terjebak macet di sini. Bus yang kami tumpangi nggak bisa bergerak sama sekali. Belum tahu sampai kapan macetnya,” kata Herlina (49) warga Kota Medan, salah seorang penumpang bus PT Rapi yang sedang sahur di emperan pusat pertokoan Kotapinang.
Penumpang bus lainnya pun ada yang memilih sahur di emperan jalan, karena khawatir kemacetan masih berlangsung lama.
Penumpang tujuan Kisaran, Kabupaten Asahan ini mengaku, sengaja mempersiapkan bekal makanan untuk sahur, karena khawatir gangguan di jalan.
“Sudah sering seperti ini. Pas mudik ternyata jalan macet. Jadi sebelum berangkat kami siapkan makanan seadanya untuk sahur,” katanya.
Sementara itu, berdasarkan pengamatan wartawan, antrean kendaraan tampak mengular sepanjang lebih kurang 10 Km dari arah Pekanbaru menuju Medan, mulai dari kawasan Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba hingga Kampung Bedagai, Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang.
Sementara dari arah Medan menuju Pekanbaru, antrean kendaraan terjadi mulai dari kawasan Desa Sisumut, Kecamatan Kotapinang hingga Kampung Bedagai.
Tidak hanya itu, antrean kendaraan juga tampak dari ruas Jalinsum jurusan Gunung Tua-Medan. Kemacetan sulit diurai, karena tidak ada jalur alternatif untuk mengalihkan arus kendaraan.
Informasi yang dihimpun, ruas Jalinsum lumpuh total disebabkan adanya satu unit truk tronton mogok akibat kehabisan BBM yang ditinggal pergi sopirnya di kawasan perkebunan PTPP Lonsum Sei Rumbia Estate, Desa Sisumut, sekira pukul 00.30 WIB. Posisi truk yang berada di tengah badan jalan membuat kendaraan lain dari kedua arah tidak dapat melintas.
Selesai urusan truk mogok, disaat bersamaan juga terdapat satu unit bus angkutan penumpang yang mogok di kawasan Jalan Bukit, Kelurahan Kotapinang. Akibatnya, kendaraan dari kedua arah tetap tidak dapat melintas.
Arus lalu lintas mulai lancar kembali sekira pukul 09.15 WIB, setelah kendaraan yang antre dapat diurai.
Selain menghambat aktifitas masyarakat, peristiwa itu juga menghambat jalur transportasi bahan-bahan kebutuhan pokok di Pasar Inpres Kotapinang.
“Saat ini lalu lintas berangsur-angsur sudah kembali lancar. Kemacetan disebabkan ada truk mogok di kawasan perkebunan PTPP Lonsum Sei Rumbia. Kemudian juga ada bus mogok di kawasan Jalan Bukit,” kata Kasat Lantas Polres Labusel, AKP Erwin Gultom.
Diapun mengimbau seluruh pengendara agar bersabar dan tidak sembarangan mendahului saat kondisi lalu lintas padat, sehingga arus lalu lintas tetap lancar. Menurutnya, dalam bekendara, keselamatanlah yang lebih utama. (SS15/c)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
H-1 Idul Adha 1445 H, Jalinsum Aekkanopan Sepi
Polisi Tangkap Pengedar Ganja di Jalinsum Sibolga-Tarutung
Bus BPP Terbakar di Jalinsum Aeknatas, Ini Kata Kadis Damkarmat Labura
Mobil Fortuner Tabrak Bus Bintang Utara, Sepeda Motor dan Mobil Hilux di Jalinsum Siborongborong - Tarutung
Selama Setahun, Pagar Pembatas Jembatan di Sergai Tak Kunjung Diperbaiki
Bahu Jalinsum Ruas Bulusonik Sudah Kupak-kapik, Warga: Blacklist Waskita KSO
komentar
beritaTerbaru