Mendagri Ditunjuk Jadi Menteri PAN-RB Ad Interim


290 view
Mendagri Ditunjuk Jadi Menteri PAN-RB Ad Interim
Foto: kemendagri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Jakarta (SIB)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjadi Menteri PAN-RB ad interim. Tito Karnavian akan menjabat sebagai MenPAN-RB pengganti untuk sementara waktu.


Penunjukan itu berdasarkan surat B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara. Tito ditunjuk menjadi pengganti sementara setelah MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7) yang lalu.


Sementara itu, berdasarkan surat tersebut, Tito Karnavian akan menjadi MenPAN-RB ad interim pada 4 Juli hingga 15 Juli 2022.


Sebelum Tito, MenPAN-RB ad interim dijabat Menko Polhukam Mahfud Md yang menggantikan sementara Tjahjo saat sakit.


Pengganti Tjahjo Kumolo

Sementara itu, sejumlah pihak juga sudah mulai buka suara terkait pengganti Tjahjo Kumolo. Salah satunya yakni PDIP.


PDI Perjuangan (PDIP) menyampaikan, soal pengganti Tjahjo diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena masih dalam suasana berduka. PDIP mengaku punya stok kader pengganti Tjahjo.


"Siapa pun penggantinya, bagi kita, PDIP kan masih sedang dalam suasana berduka. Jadi kita serahkan kepada Pak Jokowi," kata Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/7).


Terkait apakah kursi MenPAN-RB akan tetap diisi oleh kader PDIP, Djarot mengatakan hal itu bergantung pada keputusan Jokowi dan penugasan dari Ketum Megawati Soekarnoputri. Menurut dia, pengganti Tjahjo merupakan kader yang telah berpengalaman di dalam tata kelola pemerintahan.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com