Tiga Partai Politik Koalisi Indonesia Bersatu Bareng Daftar Peserta Pemilu 2024


147 view
Tiga Partai Politik Koalisi Indonesia Bersatu Bareng Daftar Peserta Pemilu 2024
Foto Ant/Aprillio Akbar
DAFTAR KE KPU: Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah), Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (kiri), dan Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa (kanan) bertumpu tangan bersama usai melakukan Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/8). 

Jakarta (SIB)

Tiga partai politik (Parpol) yang berkoalisi dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berbarengan mendaftarkan diri ke kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) di Jakarta untuk menjadi peserta Pemilu 2024, Rabu (10/8).


Ketiga Parpol itu adalah Partai Golongan Karya (Golkar) dengan Ketua Umumnya Airlangga Hartarto, Partai Amanat Nasional (pan) dengan Ketua Umumnya Zulkifli Hasan, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan Ketua Umumnya Suharso Monoarfa.


Masing-masing Ketua Umum Parpol tersebut bersama rombongannya melakukan konvoi atau pawai budaya saat menuju KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.


Kedatangan mereka diiringi kesenian Reog Ponorogo, Marching Band, serta terlihat juga ada Marawis yang mencapai sekitar ratusan orang.


Setiap Parpol tersebut masing-masing menggunakan baju dengan warna kebesarannya, yakni PAN berwarna biru, Golkar kuning, dan PPP hijau.


PAN tiba giliran pertama untuk mendaftar. Zulkifli yang didampingi Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno, Sigit Purnomo Said (Pasha), hingga Dradjad Wibowo masuk dan mendaftar.


Dalam sambutannya, Zulkifli berharap pemilu keenam yang diikuti PAN akan bermuara pada keadilan dan harmoni bangsa. "Bukan kesenjangan dan perpecahan," kata dia.


Usai PAN, giliran Golkar mendaftar ke KPU. Tampak Airlangga Hartarto didampingi Sekjen Lodewijk Paulus, serta beberapa politisi seperti Nurul Arifin dan Agus Gumiwang Kartasasmita.


Sebelum penyerahan berkas, Airlangga mengatakan Golkar berkomitmen mendukung penuh pelaksanaan Pemilu. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu juga telah mendapatkan pesan dari Presiden Joko Widodo bahwa anggaran Pemilu 2024 akan menjadi prioritas utama.


Selain itu ia juga sempat pamer pencapaian Golkar dalam beberapa pemilu sebelumnya. "Kami ikut pemilu lebih dari 10 kali, tentu masih menjadi pemenang terbanyak," kata Airlangga. (Kompas/Katadata/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com