Waspada, Tren Phising Meningkat di Indonesia di Kuartal Kedua 2022


255 view
Waspada, Tren Phising Meningkat di Indonesia di Kuartal Kedua 2022
Foto: Arsip pribadi
Deputi Pengembangan Riset Terapan, Inovasi dan Teknik, Pandi Muhammad Fauzi.

Jakarta (SIB)

Indonesia Anti-Phising Data Exchange (IDADX) mengungkapkan laporan terbaru tren phising domain .id yang terjadi di Indonesia. Hasilnya, tren phising mengalami peningkatan pada Q2 2022 ini.

Sebagai informasi, phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data pribadi korban, mulai dari nama, usia, alamat, akun, dan berbagai data sensitif. Salah satu contoh phising, yakni korban diiming-imingi klik suatu link yang bisa datanya dicuri.

IDADX mengatakan bahwa pada kuartal kedua (Q2) terdapat sebanyak 5.579 laporan phishing, di mana sektor bisnis yang paling banyak menjadi sasaran, yaitu lembaga/layanan keuangan.

Jumlah laporan phishing yang disampaikan kepada IDADX dalam kuartal II 2022 sebanyak 5.579 laporan.

Angka ini meningkat 1.637 laporan phishing dibandingakn kuartal I 2022," kata Deputi Pengembangan Riset Terapan, Inovasi dan Teknik Pandi Muhammad Fauzi dalam pernyataannya.

Bila dilihat per bulannya, maka pada April 2022 ada sebanyak 2.122 laporan, di Mei 2022 ada 1.693 laporan, kemudian di Juni 2022 sebanyak 1.764 laporan.

Sedangkan berbicara soal negara, Indonesia menempati posisi teratas sebagai negara yang meng-hosting situs phishing domain .id selama kuartal II 2022, diikuti Amerika Serikat, Jerman, Polandia, Ukraina, dan Kanada.

"Sektor industri yang paling ditargetkan dalam serangan phishing, yaitu lembaga keuangan sebesar 41%, diikuti sektor e-commerce/ritel sebesar 32%," tutur Fauzi.

Sementara itu, disebutkan dalam laporan tersebut bahwa untuk kurun waktu lima tahun hingga 30 Juni 2022, terdapat 44.279 laporan tren phishing domain .id dikumpulkan pada dashboard IDADX.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com