Bupati Pakpak Bharat Buka TMMD ke-112


116 view
Bupati Pakpak Bharat Buka TMMD ke-112
(Foto SIB/ Mahadin Boangmanalu)
GONG: Pemukulan gong oleh Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor pertanda dibukanya program  Sektoral TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) di gedung Serbaguna Salak Pakpak Bharat, Rabu (15/9).
Pakpak Bharat (SIB)
Pemukulan gong oleh Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menandai dibukanya program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke-112 tahun anggaran 2021 di wilayah Kodim 0206/Dairi, di gedung Serbaguna Salak Pakpak Bharat, Rabu (15/9).

Hadir Komandan Korem 023/KS yang diwakili Kepala Staf Korem 023/KS, Letkol Inf Deny Enggel Rupingi,Dandim 0206/DR, Kapolres Pakpak Bharat, Ketua DPRD Hotma Ramles Tumanggor, Perwakilan Kejaksaan, perwakilan PN Sidikalang, para Danramil, pimpinan OPD, instansi vertikal serta usur lainnya.

Dandim 0206/Dairi, Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono, SH, yang juga merupakan Dansatgas TMMD ke-112, menjelaskan adapun dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah berdasarkan surat Pangdam Bukit Barisan No ST/ 32/2020 tanggal 13 Januari 2020 tentang perintah dan merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan kegiatan TMMD ke-112 tahun 2021, dengan tujuan membangun pemerintah daerah dalam akselerasi pembangunan daerah khususnya Kabupaten Pakpak Bharat wilayah Kodim 0206/DR. Adapun sasaran fisiknya adalah pembukaan jalan sepanjang 8000 meter dengan lebar 8 meter, pemasangan flat beton 2 unit, pembuatan gorong-gorong 5 unit dan pengecoran tempat ibadah yakni mushola dan gereja 2 unit.

"Sedangkan sasaran non fisik adalah penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, penyuluhan sosialisasi narkoba, penyuluhan keagamaan serta penyuluhan lainnya. Kegiatan dilaksanakan 15 September-14Oktober 2021 berlokasi di Desa Aornakan II dan Desa Kecupak I Kec PGGS Pakpak Bharat. Untuk personel Satgas,SSK TMMD terdiri dari Yonif 125 sebanyak 93 orang, Yon Zipur 10 orang, TNI-AU 2 orang, TNI-AL 2 orang serta Polres Pakpak Bharat 3 orang, Posko Satgas 15 orang dengan jumlah seluruhnya 125 orang," jelas Dandim.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor dalam amanatnya mengatakan, program TNI manunggal membangun desa adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah, serta segenap lapisan masyarakat. Program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, sebab proses perencanaan TMMD selalu melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD.

Program TMMD telah membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan pembangunan di daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. melalui program TMMD secara berkesinambungan.

Di penghujung acara juga dilakukan penyerahan bantuan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Utara kepada BUMDes Maju Bersama Kecamatan PGGS berupa hand tractor 1 unit, mesin babat 3 unit, cangkul 20 unit dan kreta sorong 6 unit. (B5/C/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com