Bupati Sergai Serahkan Bantuan Korban Puting Beliung di Pegajahan


148 view
Bupati Sergai Serahkan Bantuan Korban Puting Beliung di Pegajahan
(Foto: Dok/Diskominfo Sergai)
SERAHKAN BANTUAN : Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Kapolsek Perbaungan AKP M Pandiangan dan unsur lainnya saat menyerahkan bantuan material secara simbolis kepada warga korban bencana angin puting beliung di Desa Sukasari, Kecamatan Pegajahan, Kamis (18/8) pagi. 

Sergai (SIB)

Bupati Serdangbedagai (Sergai) H Darma Wijaya menyerahkan sejumlah bantuan bahan bangunan kepada warga korban bencana angin puting beliung di wilayah Kecamatan Pegajahan, Kamis (18/8) pagi.

"Puluhan rumah warga di Desa Sukasari, Kecamatan Pegajahan, diketahui rusak akibat diterjang angin puting beliung pada Kamis (18/8) dinihari. Maka dari itu, saya atas nama pemerintah kabupaten langsung turun ke lokasi untuk meninjau sekaligus memberikan bantuan," ujar bupati kepada wartawan di sela menyalurkan berbagai bantuan material berupa seng, kayu dan paku di desa setempat.

Lebih lanjut Darma Wijaya menginformasikan, untuk Desa Sukasari tercatat ada 6 rumah penduduk yang mengalami kerusakan. Sedangkan, untuk seluruh wilayah Kecamatan Pegajahan ada sebanyak 42 rumah yang terdampak puting beliung.

"Kami ikut prihatin atas kejadian ini. Saya berharap, para warga tetap sabar dan tabah dalam menyikapi bencana ini. Bagi warga di luar Desa Sukasari yang terdata jadi korban, pendistribusian bantuan serupa akan segera dilakukan," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Bung Wiwik itu pun menyarankan kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan agar secepatnya melaksanakan perbaikan bangunan dengan konstruksi yang lebih baik.

"Kalau bisa, ingatkan para tukang supaya atap seng dipasang dengan diikatkan ke balok agar pondasinya lebih kuat. Jadi, semisal ada angin kencang datang lagi, kerusakan bisa lebih diminimalisir," pesannya.

Menurut bupati, kondisi cuaca ekstrem memang harus menjadi kewaspadaan bagi seluruh pihak. Pemerintah akan berusaha selalu hadir di tengah-tengah masyarakat yang terdampak bencana.

Sementara itu, salah seorang warga korban puting beliung bernama Nardi (40) menceritakan kronologis peristiwa bencana alam yang memporak-porandakan rumahnya.

Ia menuturkan, angin kencang menghantam atap rumahnya sewaktu hujan deras pada pukul 01.00 WIB dini hari.

"Mengetahui atap rumah diterbangkan angin kencang, kami sontak terkejut. Selanjutnya, kami langsung mengungsi karena air hujan masuk ke rumah karena atap yang sudah lowong. Alhamdullilah, bantuan cepat datang dari Pemkab Sergai sehingga kerusakan dapat langsung diperbaiki," pungkas Nardi. (C4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com