DPMPN Simalungun Usulkan Anggarkan Rp 17 Miliar di R-APBD 2023 untuk Pilpanag di 248 Nagori


205 view
DPMPN Simalungun Usulkan Anggarkan Rp 17 Miliar di R-APBD 2023 untuk Pilpanag di 248 Nagori
Foto SIB/Bambang J Sitanggang
RAPAT: Komisi I DPRD Simalungun bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Nagori ketika mengadakan rapat komisi di Pamatang Raya, Kamis (17/11).

Simalungun (SIB)

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Nagori (DPMPN) Kabupaten Simalungun mengusulkan anggaran Rp 17 miliar di Rancangan Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) tahun anggaran 2023 untuk pelaksanaan Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) di 248 nagori (desa).


Kepala DPMPN Kabupaten Simalungun Jonni Saragih menyampaikan informasi tersebut saat rapat dengan Komisi I DPRD di Pamatang Raya, Kamis (17/11).


Rapat paripurna dipimpin Ketua Komisi 1 Erwin Saragih dan Sekretaris Komisi Jarusdin Sinaga.


Lebih lanjut paparkan Jonni, terkait perkembangan pelaksanaan pilpanag yang telah diprogramkan, sampai saat ini sedang berjalan seperti petunjuk pelaksanaan terkait pelaksanaan pilpanag sudah disiapkan dan pembentukan panitia tingkat kabupaten sudah dilakukan.


Sedangkan untuk pembentukan panitia tingkat nagori, pihaknya minggu depan akan menyurati pihak kecamatan agar segera membentuk panitia tingkat nagori.


Langkah tersebut dilakukan agar rencana pilpanag Bulan Maret 2023 berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, sebut Jonni.


Meski demikian, dianya menyarankan kepada pihak komisi 1 agar berkenan merekomendasikan kepada badan anggaran untuk menambah anggaran Rp 2 miliar lebih untuk anggaran pengamanan ditujukan kepada Polri dan TNI agar ditampung, saran Jonni.


Menanggapi paparan yang disampaikan Kepala DPMPN Jonni Saragih, Anggota Komisi I DPRD Bonauli Rajagukguk mengatakan pelaksanan pilpnaga harus kita sukseskan.


Untuk itu diharapkan kepada DPMPN agar program yang yang telah disepakati dalam rapat sebelumnya agar dilaksanakan.


Terkait permintaan penambahan anggaran Rp 2 miliar lebih untuk biaya pengamanan agar diusulkan ditambah pada rapat badan anggaran, Bonauli mengatakan akan kita setujui, ujarnya. (D4/a)



Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com