Direktur PT Utama Sumatera Diadili, Didakwa Korupsi Ratusan Juta Bersama Kadis Perindagkop Sergai


249 view
Direktur PT Utama Sumatera Diadili, Didakwa Korupsi Ratusan Juta Bersama Kadis Perindagkop Sergai
Foto: Istimewa
Direktur PT. Duta Utama Sumatera, M. Umbar Santoso diadili di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (6/6/2022). Ia didakwa terlibat korupsi pembangunan pasar/waserda Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai. 

Medan (SIB)

Didakwa terlibat korupsi pembangunan pasar/waserda Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai, Direktur PT. Duta Utama Sumatera M. Umbar Santoso diadili di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (6/6).



Dalam sidang yang digelar secara daring tersebut, Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ardiansyah Hasibuan dalam dakwaannya menuturkan, bahwa terdakwa diduga melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dengan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Serdang Bedagai Aliman Saragih (telah divonis bersalah).



Dikatakan JPU bahwa perkara ini bermula berawal dari pengajuan proposal pembangunan pasar di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai yang diajukan oleh Bupati Sergai melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan KoperasiKabupaten Serdang Bedagai (Disperindagkop) pada tahun 2008.



"Kemudian proposal itu disetujui oleh Pemerintah Pusat melalui Departemen Perdagangan RI dan menampung anggaran tersebut dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2008 sebesar Rp 3 miliar, dengan ketentuan pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai menyediakan lahan untu pembangunan dan tambahan dana (dana sharing) sebesar 10% dari dana yang disetujui oleh Departemen Perdagangan RI," kata jaksa.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com