Dukung Relokasi Pekan Lelo, Pangeran Kerajaan Bedagai Sudah Kosongkan Lahan


160 view
Dukung Relokasi Pekan Lelo, Pangeran Kerajaan Bedagai Sudah Kosongkan Lahan
Foto Dok
Tengku Achmad Syafei

Sergai (SIB)

Pangeran Kerajaan Bedagai, Tengku Achmad Syafei (78) mendukung langkah pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) untuk merelokasi Pekan Lelo ke lahan yang sudah disediakan Pemkab Sergai di Desa Seirampah.


"Sebagai bentuk dukungan tersebut, lahan saya di Dusun X Desa Firdaus, Kecamatan Seirampah, yang selama ini dijadikan lapak (tempat jualan) para pedagang sudah dikosongkan," ujarnya kepada SIB, Minggu (17/10).


Tengku Achmad Syafei lebih lanjut menyatakan, sejak tahun 2003 lalu, lahan milik orangtuanya itu memang sudah digunakan pedagang Pekan Lelo untuk berjualan dan tidak menampik telah mendapatkan kontribusi dari mereka (pedagang) hingga tahun 2021.


"Diperkirakan, hampir 120 pedagang berjualan di lahan tersebut," ucapnya.


Namun, sambung Tengku, sesuai rencana tata ruang wilayah (RTRW) yang ada, Pemkab Sergai akan merelokasi pedagang Pekan Lelo ke lokasi yang sudah disiapkan. Kemudian, dirinya juga mengaku telah mengajak para pedagang untuk berpindah, karena pemerintah tidak akan merugikan rakyat.


"Lahan milik saya sudah dikosongkan. Saya juga turut mengajak mereka (pedagang lainnya) untuk ikut relokasi," bebernya.


Pria yang kerap disapa ayah itu pun berpesan ke para pedagang supaya jangan merasa takut atau was-was apabila dagangan mereka tidak laku dibeli konsumen usai dilakukan relokasi.


"Para pembeli pasti datang ke tempat relokasi itu, pedagang jangan takut. Pemerintah tidak akan merugikan rakyatnya. Sebab, lahan saya saja sudah kosong, tanpa ada lagi pedagang yang berjualan," ungkapnya.


Tengku pun mengharapkan supaya kalangan pedagang dan pemilik lahan lainnya mau mengikuti aturan pemerintah tersebut, mengingat Pemkab saat ini tengah fokus dalam membenahi Ibu Kota Kabupaten Sergai yakni Kecamatan Seirampah.


Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Kadis Perindagsar) Pemkab Sergai, Karno Siregar ketika dihubungi mengatakan, pemerintah daerah telah menyediakan lokasi yang cukup layak bagi pedagang Pekan Lelo di kawasan Desa Seirampah. Bahkan, lahan dimaksud mampu menampung sekitar 300 orang pedagang, baik itu yang menggunakan kios maupun los.


Demi meringankan beban pedagang yang direlokasi, tambah Karno, Pemkab Sergai turut menggratiskan retribusi bagi pedagang di tahun 2021, sembari terus melakukan pendataan yang valid terkait keberadaan pedagang Pekan Lelo.


"Selama ini, Pekan Lelo bukan dikelola oleh pemerintah. Jadi, kami berharap seluruh pedagang siap dipindahkan ke tempat yang baru. Pemerintah tidak akan menyengsarakan pedagang. Disperindagsar juga siap memfasilitasi kalangan pedagang agar bisa ditata dengan rapi saat proses relokasi," terang Kadis Perindagsar. (C4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com