ETLE Statis dan ETLE Mobile Segera Beroperasi di Medan


192 view
ETLE Statis dan ETLE Mobile Segera Beroperasi di Medan
Foto: Ist/harianSIB.com
Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto

Medan (harianSIB.com)

Direktorat Lalulintas Polda Sumut mengatakan pihaknya siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan dalam peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah), serta penegakan hukum di bidang lalu lintas.

Penegakan hukum sistem ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) nasional di Medan ini, diharapkan tingkat kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kenderaan bermotor (ranmor) dan kesadaran tertib berlalu lintas akan tinggi.

"Kami siap memberlakukan dan mengoperasionalkan ETLE Statis dan ETLE Mobile di Medan, serta menyambut baik dan mengapresiasi inisiasi Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan Ditlantas Polda Sumut untuk mengoptimalkan potensi penerimaan pendapatan daerah dengan memanfaatkan teknologi digital," sebut Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto, Senin (27/6/2022).

Untuk menunjang diterapkannya ETLE Mobile di Medan, maka telah dilakukan pelatihan untuk personel Ditlantas Polda Sumut.

Pelatihan yang diprakarsai tim Subdit Dakgar Ditgakkum Korlantas Polri ini, diperlukan agar anggota lantas memahami dasar hukum penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan ETLE Mobile. Serta memahami tata cara penggunaan ETLE Mobile menggunakan handphone.

Kemudian, dengan beroperasinya ETLE Mobile, Ditlantas Polda Sumut siap melaksanakan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, khususnya di wilayah operasional Kota Medan, guna mendukung secara khusus kegiatan E-Parking dan ketertiban Kota Medan pada umumnya.

Di tempat terpisah, Kasubdit Dakgar Ditgakkum Korlantas Polri, Kombes Pol I Made Agus Prasatya berharap penerapan ETLE, baik statis, portabel maupun ETLE Mobile, jajaran Ditlantas Polda di seluruh Indonesia juga menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah, khususnya dalam pengadaan peralatan yang dibutuhkan.

"Ini penting mengingat dengan adanya ETLE, pemerintah daerah juga akan mendapatkan dampak positif, berupa pengoptimalan potensi penerimaan daerah dari pajak kenderaan bermotor," kata Made. (*)

Penulis
: Tumpal Manik
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com