Jembatan di Desa Lubukdendang Sergai Rusak dan Berlubang


90 view
Jembatan di Desa Lubukdendang Sergai Rusak dan Berlubang
Foto SIB/Bonny Sembiring
RUSAK : Inilah kondisi jembatan Dusun I Desa Lubukdendang, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Sergai, yang rusak dan butuh perbaikan segera dari dinas terkait, Minggu (11/7). Tampak pengendara motor melaju dengan ekstra hati-hati ketika melintasi jembatan itu.
Sergai (SIB)
Sebagian ruas jalan jembatan di Dusun I Desa Lubukdendang, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), kondisinya rusak dan berlubang.

Pantauan SIB di lokasi, Minggu (11/7) badan jalan jembatan yang berlubang dan tanpa pagar pengaman itu terlihat ditutupi oleh beberapa potongan kayu/papan. Masyarakat maupun pengendara motor juga tampak ekstra hati-hati ketika melewati akses tersebut.

Seorang warga sekitar bernama Warsih saat diwawancarai wartawan mengatakan, jembatan tersebut sudah 6 bulan rusak karena selama ini banyak kendaraan bermuatan berat yang melintas.

"Selain sering dilintasi kendaraan bermuatan berat, jembatan yang kerap dilintasi warga itu usianya juga sudah puluhan tahun," ujarnya.

Warsih lebih lanjut menyatakan, jembatan vital itu sangat diperlukan masyarakat beberapa desa dalam mendukung aktivitasnya. Sebab, sambungnya, jembatan tersebut merupakan akses penghubung antara Desa Lubukdendang dengan Suka Beras, Pematang Tatal dan juga ke Desa Pematangkasih, Kecamatan Pantaicermin. Namun, hingga kini, belum ada tanda-tanda jembatan itu akan diperbaiki.

"Mengurangi tingkat kerawanan bagi pengguna jalan, warga setempat berinisiatif menutup lubang di badan jalan jembatan dengan kayu dan papan secara swadaya. Kalau kendaraan bermuatan berat dipastikan tidak bisa lewat dari sini," ungkapnya.

Dari kondisi yang ada, Warsih pun berharap Pemkab Sergai melalui dinas terkait sesegera mungkin memerbaiki jembatan itu, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Apalagi, beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Sergai Adlin Umar Yusri Tambunan sempat meninjau kondisi jembatan.

"Semoga, dalam waktu dekat, Dinas PUPR Sergai dapat mengambil langkah yang cepat dan tepat untuk memerbaikinya. Jika tidak, kerusakan jembatan bisa semakin parah" katanya.

Sementara itu, Camat Perbaungan M Fahmi ketika dihubungi melalui telepon seluler menyebut, kondisi jembatan Dusun I Lubukdendang itu memang pernah ditinjau Wabup Adlin Tambunan bersama Kadis PUPR Johan Sinaga dan perbaikannya direncanakan dalam tahun ini.

"Kiranya setelah ditinjau Wabup, jembatan tersebut akan diperbaiki tahun ini juga," bebernya. (C4/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com