PLN UIP Sumbagut Bantu Program Budidaya Jahe Merah di Aceh


151 view
PLN UIP Sumbagut Bantu Program Budidaya Jahe Merah di Aceh
(Foto : Dok/Humas PLN)
BANTUAN : Manager Proyek PLN UPP Sumbagut 2, Nanda Dani Andrianto menyerahkan bantuan berupa  program budidaya jahe merah di Aceh, Jumat (3/12). 
Aceh Tengah (SIB)
PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Proyek Sumatera Bagian Utara (UIP Sumbagut) yang membawahi PLN Unit Pelaksana Proyek Sumatera Bagian Utara Dua (UPP Sumbagut 2), dalam 2 tahun terakhir berencana merealisasikan kegiatan tanggungjawab sosial lingkungan (TJSL) untuk peningkatan ekonomi masyarakat, berupa kegiatan bantuan program budidaya jahe merah di Desa Pegasing, Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Kegiatan itu merupakan satu dari 5 program TJSL yang direalisasikan oleh PLN UIP Sumbagut-UPP Sumbagut 2 Proyek PLTA Peusangan 1&2 (88 MW) pada anggaran 2021. Program budidaya itu terealisasi atas kerjasama antara PLN UPP Sumbagut 2 yang bekerjasama dengan kelompok tani penangkar bibit tanaman pertanian kehutanan dan perkebunan Ceding Ayu.

Humas PLN UIP Sumbagut, Effiaty Polapa dalam siaran pers kepada wartawan di Medan, Minggu (5/12) mengatakan, kegiatan dilaksanakan pada, Jumat (3/12), hadir pada kegiatan itu, Manager Proyek PLN UPP Sumbagut 2, Nanda Dani Andrianto, ketua kelompok tani ceding, Ayu Hasanuddin dan warga kelompok tani.

Menurutnya, pada kesempatan tersebut, Ayu Hasanuddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT PLN atas bantuannya.

"Ke depannya berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan sehingga hasil panen jahe merah dapat dikelola dengan baik dan menjadi produk-produk yang lebih bernilai jual tinggi," ucapnya.

Dalam kegiatan itu juga, dilakukan menanam 1 ton bibit jahe merah melalui kelompok tani yang bertujuan untuk memanfaatkan lahan yang tersedia, sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi warga.

"Tanaman jahe merah sangat besar peluangnya untuk dikembangkan di Indonesia khususnya di Aceh Tengah karena didukung oleh iklim. Di samping itu, tanaman jahe merah juga memiliki nilai ekonomis dan dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan virus corona," katanya.

Sementara, GM PLN UIP Sumbagut, Octavianus Padudung diwakili Manager Proyek PLN UPP Sumbagut 2, Nanda Dani Andrianto menjelaskan, kegiatan TJSL ini bertujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi yang ada saat ini.

Selain itu juga dapat sebagai perangsang atau pilot project bagi kelompok tani yang lain untuk bersama-sama dapat mengembangkan penanaman jahe merah.

"Dengan kegiatan ini membuktikan bahwa PLN berkomitmen untuk selalu peduli terhadap pelestarian lingkungan sesuai dengan salah satu misi PLN yaitu menjalankan kegiatan usaha berwawasan lingkungan," urainya. (A2/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com