Kamis, 30 Mei 2024 WIB

Penetapan 30 Caleg Terpilih DPRD Pematangsiantar, KPU Tunggu Surat MK Jika Tidak Ada Gugatan

Redaksi - Minggu, 24 Maret 2024 18:59 WIB
380 view
Penetapan 30 Caleg Terpilih DPRD Pematangsiantar, KPU Tunggu Surat MK Jika Tidak Ada Gugatan
Ist/harianSIB.com
Ketua KPU Kota Pematangsiantar, Muhammad Isman Hutabarat
Pematangsiantar (SIB)
Penetapan Caleg terpilih dengan metode sainte league berdasarkan konversi suara menjadi perolehan kursi untuk DPRD Pematangsiantar, menunggu pemberitahuan melalui surat resmi atau e-mail dari Mahkamah Konstitusi (MK) melalui KPU RI, apakah ada gugatan atau sengketa Pemilu legislatif 14 Februari 2024 yang lalu.
Hal ini diutarakan Ketua KPU Kota Pematangsiantar, Muhammad Isman Hutabarat ketika dihubungi SIB melalui telepon, Sabtu (23/3), ketika ditanyakan kapan jadwal KPU menetapkan 30 Caleg terpilih untuk DPRD Pematangsiantar.
Isman Hutabarat mengatakan, KPU Pematangsiantar masih menunggu pemberitahuan melalui surat resmi atau e-mail, jika tidak ada gugatan atau sengketa dari MK ditambah arahan dari KPU RI.
“Kalau pemberitahuan disampaikan Minggu (24/3) melalui surat atau e-mail, maka lanjutnya KPU Pematangsiantar pada Senin atau Selasa akan menjadwalkan waktu penetapan 30 orang Caleg terpilih dengan metode sainte league berdasarkan konversi jumlah suara menjadi perolehan kursi untuk DPRD setempat. Secepatnya diplot jadwal waktu penetapan Caleg terpilih,"tegasnya.
Menurutnya, berdasarkan rapat pleno tingkat KPU Kota Pematangsiantar membahas D hasil kecamatan terkait rekapitulasi penghitungan perolehan suara Parpol dan Caleg, hanya sembilan dari delapan belas partai politik yang memperoleh kursi di DPRD Pematangsiantar untuk periode 2024-2029.
Komposisi Parpol yang memperoleh kontribusi kursi legislatif itu masing-masing PDI Perjuangan tujuh kursi, Golongan Karya lima kursi, NasDem empat kursi. Partai Demokrat, Gerindra dan PAN masing-masing memperoleh tiga kursi, Hanura dan PKS masing-masing dua kursi dan Perindo hanya satu kursi.
Sedangkan sembilan Parpol nonkursi terdiri Partai Solidaritas Indonesia, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Ummat, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nasional, Partai Gelora, Partai Garuda dan Partai Bulan Bintang. (**)



SHARE:
Tags
beritaTerkait
Seleksi O2SN Deliserdang, KONI Yakin Awal Kebangkitan Raih Prestasi Nasional
Setelah 18 Tahun, Pemkab Simalungun Akhirnya Raih WTP Atas Laporan Keuangan 2023
Pemkab Sergai Gelar Penguatan KIP bagi Pemerintah Desa
Pemkab Karo Raih Opini WTP dari BPK RI
Empat Tahun Berturut-turut Pemko Medan Raih WTP
Wadah Untuk UMKM Naik Kelas, Pemko Medan Apresiasi Hadirnya Angsa Neduh
komentar
beritaTerbaru