Perangkat Nagori di Simalungun Belum Gajian, Rp 416 M Lebih ADN dan DD Belum Cair


216 view
Perangkat Nagori di Simalungun Belum Gajian, Rp 416 M Lebih ADN dan DD Belum Cair
(f:gom tobing/mistar)
Ilustrasi gajian.
Simalungun (SIB)
Sekira Rp 416 miliar lebih anggaran Alokasi Dana Nagori (ADN) dan Dana Desa (DD) tahun 2021 belum bisa dicairkan sehingga pembangunan di masing - masing nagori ( desa ) dan para perangkat nagori belum menerima gaji sampai April tahun ini.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori Kabupaten Simalungun Sarimuda Purba, Selasa (13/4) mengatakan, masalah pencairan anggaran erat kaitannya dengan kelengkapan laporan administrasi dari Pangulu (Kepala Desa) belum diserahkan.

Kebutuhan ADN lebih kurang Rp 10 miliar per bulan atau Rp 120 miliar per tahun untuk gaji para perangkat nagori, bersumber dari DAU ( Dana Alokasi Umum ) tahun 2021 hingga saat ini dikatakan belum ada ditransfer dari pusat.

Sedangkan penerimaan DD (Dana Desa) tahun ini diproyeksikan untuk percepatan pembangunan di 386 nagori sebagai ujung tombak pemerintahan yang lebih dekat dengan masyarakat dikatakan bervariasi antara Rp 600 juta - Rp 1,6 miliar/ nagori atau total keseluruhan Rp 296, 84 miliar.

Pencairan DD belum dapat ditransfer ke rekening masing - masing nagori karena laporan APB Des (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) belum diserahkan Pangulu.

"Untuk percepatan pencairan DD dan pemberdayaan masyarakat, seluruh Pangulu di Kabupaten Simalungun sudah diminta segera menyampaikan laporan APB Des tahun 2021," kata Purba. (BR4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com