Plt Wali Kota Tanjungbalai Buka Pelatihan Peningkatan Perlindungan dan Kompetensi Calon PMI


159 view
Plt Wali Kota Tanjungbalai Buka Pelatihan Peningkatan Perlindungan dan Kompetensi Calon PMI
Foto Mk/dok
Plt Wali Kota Tanjungbalai membuka secara resmi kegiatan pelatihan "Peningkatan Perlindungan dan Kompetensi Calon Pekerja Migran Indonesia (PMI), di Raja Bahagia Resto, Jalan Arteri, Tanjungbalai, Senin (13/6/2022). 

Tanjungbalai (SIB)

Plt Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib membuka kegiatan pelatihan peningkatan perlindungan dan kompetensi calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Raja Bahagia Resto, Jalan Arteri, Tanjungbalai, Senin (13/6).


H Waris mengatakan meningkatnya keterampilan dan profesionalisme calon PMI sangat berguna mendapat pengakuan yang baik dari negara tempat calon PMI bekerja.


"Ini merupakan langkah nyata kita terhadap calon pekerja migran supaya memiliki kualifikasi, kompetensi, keahlian agar berdaya saing. Kita tidak boleh kalah dengan kabupaten/kota lain yang juga menempatkan pekerjanya di negara penempatan. Tantangan global harus kita rebut dan Tanjungbalai berupaya menjadi yang lebih baik dan semoga terdepan nantinya," ujar H Waris.


Dia mengakui mendukung kegiatan ini demi peningkatan SDM para calon PMI sebagai pahlawan devisa, Selain itu, tidak ada lagi calon PMI terseret pada mafia penempatan PMI ilegal atau terindikasi secara non prosedural nantinya.


"Diharapkan setelah memperoleh pelatihan keterampilan dan mampu bekerja dengan baik. Calon PMI Tanjungbalai jika sudah bekerja nanti dapat membanggakan Indonesia dan menjaga nama baik daerah kita. Jangan lupa kuasai betul bahasa negara yang dituju," tutup H Waris.


Pelatihan menghadirkan narasumber yang berasal dari BP2MI Ketua UPT Medan Siti Rolijah, Iptu K Sitepu, Ketua LPK Sora Ryan Zahroni Nasution, dan Instruktur bahasa Inggris Vijay Kumar.(BR05/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com