Warga di Pinggiran Sungai Bahbolon Perdagangan Diminta Waspadai Banjir


121 view
Warga di Pinggiran Sungai Bahbolon Perdagangan Diminta Waspadai Banjir
(Foto SIB/Agus Salim Siregar)
Sungai Bahbolon : Sungai Bahbolon Perdagangan, Kecamatan Bandar rawan banjir. Foto dipetik Minggu (28/8).  

Simalungun (SIB)

Warga yang berada di pinggiran Sungai Bahbolon Perdagangan, Kecamatan Bandar Simalungun harus mewaspadai terjadinya banjir. Curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini bisa saja menyebabkan Sungai Bahbolon meluap.

Dalam seminggu belakangan ini, air Sungai Bahbolon Perdagangan selalu naik dan arus air juga kencang.

Helmi warga Perdagangan, Senin (29/8) mengatakan, setiap akhir tahun air Sungai Bahbolon lebih meningkat dan rawan terjadinya banjir akibat curah hujan tinggi.

Dani warga Perdagangan lainnya, menambahkan, perisitiwa banjir besar terjadi tahun 2001 yang lalu.

Akibat banjir besar tersebut, merusakkan banyak rumah warga yang berada di sekitar aliran Sungai Bahbolon dan 1 jembatan yakni jembatan Sungai Bahbolon Perdagangan.

Begitu pula pada tahun 2018, akibat banjir besar, 1 rumah warga di sekitar aliran sungai Bahbolon Kebun Dolok Sinumbah dan 1 jembatan yang berada di sekitar Sungai Bahbolon di Nagori Pematang Kerasaan Rejo rusak, ucapnya.

Camat Bandar, Ir Sastro Tamba, mengatakan, mengingat tingginya curah hujan dalam 2 hari belakangan, dimana hujan terus menerus sepanjang hari, hal ini berpotensi mengakibatkan naiknya volume air Sungai Bahbolon.

Untuk ini, Sastro Tamba mengimbau, warga yang berada di pinggiran Sungai Bahbolon, untuk lebih mewaspadai terjadinya banjir.

Dimana warga untuk selalu hati-hati dan bagi anak-anak untuk sementara tidak selalu dekat-dekat Sungai Bahbolon karena dikhawatirkan terseret arus air yang deras, apalagi tidak didampingi orang tua, imbaunya. (D06/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com