Pengabdian Masyarakat di Toba

Polmed Berikan Alat Produksi Hasil Pertanian kepada Kelompok Tani


301 view
Foto SIB/Dok Polmed
FOTO BERSAMA: Direktur Politeknik Medan Abdul Rahman dan sejumlah wakil direktur, Direktur BPODT M Rommy Fauzi, Rufinus Nainggolan dan masyarakat kelompok tani foto bersama pada pengabdian masyarakat desa binaan, di Desa Motung dan Desa Pardamean Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba,  Desember 2020 lalu. 
Toba (SIB)
Politeknik Negeri Medan (Polmed) melakukan kegiatan program Pengabdian Masyarakat Desa Binaan (PMDB) bekerjasama dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) di Desa Motung dan Desa Pardamean Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Desember 2020 lalu.

Kegitan tersebut dihadiri masyarakat yang diwakili kelompok tani, ibu-ibu PKK, perangkat desa dan warga masyarakat yang terlibat secara langsung.

Kegiatan ini dihadiri Direktur Politenik Negeri Medan Abdul Rahman, SE. Ak, Msi, Wakil Direktur 1 (Wadir) Dr Roslina, MIT, Direktur Pariwisata dan Lembaga Kepariwisataan BPODT M Rommy Fauzi dan salah satu ketua kelompok kegiatan pengabdian Ir Rufinus Nainggolan MT.

Dalam kesempatan itu, Rufinus Nainggolan didampingi Herri Trisna Frianto, ST MT, menyerahkan sebuah alat produksi karya dosen dan mahasiswa departemen engineering berupa alat pengering biji kopi yang diterima ketua kelompok tani Tonni Sitorus yang mewakili warga masyarakat Desa Motung, Sibisa.

Rufinus mengharapkan, pemanfaatan alat ini dapat menghemat waktu dan tenaga selama pengeringan, karena tidak lagi dilakukan penjemuran dengan sinar matahari. “Alat pengering ini cukup simple, pemanasannya lewat LPG dan tabung berputar yang berisi biji kopi,” kata Rufinus.

Tonni Sitorus juga mengatakan, alat ini serba guna, bisa dimanfaatkan untuk menggongseng kacang dan lainnya. Tonni berharap kegiatan ini dapat dilakukan berkelanjutan untuk menjadikan masyarakat yang lebih mandiri dalam perekonomian dan pertanian.
Direktur BPODT M Rommy Fauzi berterima kasih kepada Polmed karena kegiatan ini sejalan dengan upaya BPODT mengadakan hal yang sama di beberapa desa sekitar wilayah Kaldera khususnya para petani, untuk merubah pola pertanian menjadi pertanian organik.

Rufinus menambahkan, dengan pemberian alat pengering biji kopi ini dan juga mesin pengiris dan peniris minyak serta mesin pengemas makanan yang diterima kelompok ibu-ibu PKK dari kelompok Pengabdian Masyarakat lainnya, dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil pertanian warga Desa Motung Sibisa Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba. (M10/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com