Wasit Akui Salah Tak Sahkan Gol Ronaldo


125 view
AFP/PEDJA MILOSAVLJEVIC
Gol Cristiano Ronaldo tidak disahkan wasit di Serbia vs Portugal dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.
Jakarta (SIB)
Wasit Danny Makkelie mengaku salah tidak mengesahkan gol Cristiano Ronaldo di laga Serbia vs Portugal dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Makkelie akhirnya buka suara soal kontroversi yang membuat Cristiano Ronaldo marah besar. Wasit asal Belanda itu meminta maaf karena kesalahan yang ia lakukan.

Hal ini dikarenakan kesalahan Makkelie membuat Portugal tidak bisa membawa pulang tiga poin. Di laga tersebut, Makkelie tidak bisa meninjau ulang keputusan yang ia buat. Pasalnya, tak ada Video Assistant Referee (VAR) yang bisa membantu wasit membuat keputusan yang tepat atas sebuah kejadian saat memimpin sebuah pertandingan.

"Merujuk aturan FIFA, yang bisa saya katakan saya meminta maaf kepada pelatih timnas Portugal, Fernando Santos dan kepada timnas Portugal untuk apa yang terjadi. Sebagai wasit, kami selalu bekerja keras untuk membuat keputusan yang tepat. Saat kami jadi banyak diberitakan seperti ini, itu jelas tidak membuat kami senang," ujar Makkelie kepada A Bola.

Kontroversi itu sendiri mencuat karena bola yang ditendang Ronaldo untuk membobol gawang Serbia tidak disahkan oleh Makkelie. Padahal dari tayangan ulang, terlihat bola sudah melewati garis gawang sebelum dihalau oleh bek Serbia, Stefan Mitrovic.

Ronaldo terlihat kesal dan marah hingga membanting ban kapten yang melingkar di lengannya karena keputusan wasit tersebut. Ronaldo malah mendapat kartu kuning lantaran meluapkan kekecewaannya karena melakukan protes kepada hakim garis.

Kesalahan wasit itu membuat kemenangan yang seharusnya ada dalam genggaman Seleccao das Quinas tidak terjadi. Sebelum momen kontroversial itu, Portugal bermain sama kuat dengan Serbia setelah dua gol Diogo Jota disamakan gol Aleksandar Mitrovic dan Filip Kostic. (CNN/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com