Selasa, 30 April 2024

Wushu Sumut Belum Punya Sarana Latihan Representatif

* Minta Datangkan Pelatih Asing dan TC ke China untuk PON 2024
Redaksi - Kamis, 15 Februari 2024 11:34 WIB
Wushu Sumut Belum Punya Sarana Latihan Representatif
Foto: Ist/harianSIB.com
Darsen Song
Medan (SIB)
Cabang Olahraga (Cabor) Wushu sebagai penyuplai utama kepingan medali emas untuk kontingen Sumatera Utara pada setiap gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) tentu tak terbantahkan. Capaian prestasi itu diharapkan bakal berlanjut, terlebih pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung di rumah sendiri.

Target 10 emas pun jadi incaran Pengurus Provinsi (Pengprov) Wushu Indonesia (WI) Sumut pada PON XXI. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum WI Sumut Darsen Song melalui tayangan podcast COPI Sumut yang dikutip dari YouTube, Rabu (14/2).

Target 10 emas memang terbilang tak sedikit, mengingat Wushu Sumut menyumbang 5 emas pada PON XX Papua 2021 lalu. Pihaknya bersyukur karena masih punya Harris Horatius dan Nicholas yang saat ini berada di Pelatnas.

Namun bila ditarik ke belakang sedikit, WI Sumut sebelumnya juga meraih 9 emas pada PON 2016 di Jawa Barat. "Target kami ingin medali emas sebanyaknya. Berdasarkan potensi yang ada dan penambahan nomor (wing chun). Semoga bisa dapat 10 medali emas," ucap Darsen.

Diakuinya, target tersebut bukan hal yang mudah. Beban dan tanggung jawab berada di pundaknya sebagai pimpinan federasi. Dia punya tugas meneruskan tradisi prestasi yang sudah diraih WI Sumut pada PON edisi-edisi sebelumnya. "Tentu ini karya dari pengurus terdahulu. Walau saya juga bagian dari kepengurusan sebelumnya sejak PON Palembang yang dipercaya sebagai manajer. Lalu di PON Papua saya sebagai ketua umum. Semua tentu punya andil dalam perjalanan Wushu Sumut. Terlebih Pak Supandi, Iwan Kwok, para pelatih dan atlet," katanya.

Persiapan serius pun sudah dilakukan WI Sumut menatap PON XXI. Bahkan, sepulang dari PON XX Papua pada November 2021 lalu, WI Sumut sudah melakukan Pelatda Penuh.

"Sekembali dari Papua pada November 2021, kami sudah lakukan pelatda penuh pada Januari 2022. Dan selama 2022-2023, nomor Sanda sudah beberapa kali melakukan promosi degradasi terkait prestasi atlet," jelasnya.

Untuk tahun 2024, pihaknya berharap bisa mendatangkan pelatih asing dan melanjutkan training centre (TC) ke China. "Karena kalau tidak dijalankan ini jadi sia-sia. Harapannya Mei atau Juni sudah berangkat. Tapi, sebelum berangkat sudah ada pelatih asing di sini," tambahnya lagi.

Program mendatangkan pelatih asing serta TC ke China diakui jadi penentu program-program yang sudah berjalan. Bila terealisasi, tentunya bisa membantu WI Sumut meraih prestasi seperti PON-PON sebelumnya.

Sayangnya apa yang sudah dilakukan WI Sumut di tingkat nasional bahkan internasional, belum mendapat legacy atau pun apresiasi yang tinggi. Salah satunya, belum adanya venue latihan wushu yang representatif di Medan. Padahal, permintaan terkait sarana sudah sejak lama disampaikan.

"Sarana untuk Wushu gak jelas. Sudah kami sampaikan, termasuk untuk perangkat dan perlengkapannya. Itu yang jadi kendala selama ini. Kami harap seharunya, tuan rumah momentum Sumut khususnya wushu harus punya sarana latihan representatif.

Cabang lain, saya tidak sebutlah. Tidak pernah raih medali, tidak populer, tidak ada penonton, tapi bisa ada venuenya. Ini percaya tidak percaya," jelasnya.

"Selama ini untuk Taolo, kami masih andalkan padepokan di Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI). Kami bersyukur masih dikasih pakai. Kalau Sanda kami pakai GOR Veteran," tambahnya.

Kini tersisa tak kurang tujuh bulan lagi menuju PON 2024, Darsen bersama WI Sumut tak mau terpaku pada masalah yang ada. Apalagi jadwal PON masuk dalam tahun politik yang memakan banyak anggaran.

Pihaknya pun meminta seluruh insan olahraga terus serius melakukan persiapan untuk mendulang prestasi. Sembari berharap 2024 jadi tahun yang baik bagi tuan rumah PON, mengingat tahun Naga Kayu dipercaya Darsen bisa membawa rezeki.

"Tahun Naga Kayu membawa keberkahan rezeki untuk kita semua. Khusus di dunia olarahga, para insan olahraga pengurus dan atlet pasti sehat menuju PON. Sehingga September nanti sumut mencapai sukses tuan rumah dan juga prestasi. Walau dengan kondisi yang ada saat ini, kita harus menyesuaikan dan fight untuk Sumut," pungkasnya. (**)




Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Prestasi Atlet Menembak Yosephine Sigalingging Tak Kunjung Dilirik
Wakili Sumut Berlaga di PON 2024, Danrem 022/PT Beri Dukungan 3 Atlet Tenis Pematangsiantar
Tinjau Venue PON 2024, Pj Gubernur Sumut  Pastikan Selesai Tepat Waktu
Pj Gubernur Sumut Ingatkan PB dan OPD Tetap Disiplin Selesaikan Tugas
Sepatu Roda Sumut Minim Sarana Latihan Jelang PON 2024
Kejurda Wushu Sumut akan Diselenggarakan di Tebingtinggi
komentar
beritaTerbaru