TUF Gaming A15, Pionir AI Gaming Laptop Paling Terjangkau


957 view
TUF Gaming A15, Pionir AI Gaming Laptop Paling Terjangkau
(Foto: Dok/Asus)
Jakarta (harianSIB.com)
ASUS resmi menghadirkan AI-powered gaming laptop paling terjangkau di Indonesia, yaitu TUF Gaming A15 (FA507U). Laptop gaming tersebut ditenagai oleh AMD Ryzen™ 8040 Series yang sudah dibekali Ryzen AI.
Kehadiran Ryzen AI dapat membantu pengguna TUF Gaming A15 (FA507U) untuk menjalankan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan efisien. Kemampuan tersebut membuat TUF Gaming A15 (FA507U) sebagai pionir AI gaming laptop paling terjangkau di Indonesia.
“Setelah tampil sebagai pionir lini laptop gaming terjangkau dan laptop gaming berstandar US Military Grade, TUF Gaming kini menjadi pionir AI-powered gaming laptop paling terjangkau di Indonesia,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. Kehadiran jajaran TUF Gaming terbaru kali ini, lanjutnya, menandakan era kecerdasan buatan di laptop sekaligus menjadi entry point bagi gamers untuk menikmati AI-powered gaming laptop.

Superior AI and Gaming Performance
TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan salah satu laptop gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI, fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. Prosesor tersebut adalah komponen yang membuat TUF Gaming A15 (FA507U) dikategorikan sebagai AI-powered gaming laptop. Berkat prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series, TUF Gaming A15 (FA507U) tidak hanya tampil dengan performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, tetapi juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.
Prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang menjadi pusat performa TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan seri prosesor paling terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur ZEN 4 untuk CPU-nya dan RDNA™ 3 untuk GPU terintegrasinya. Yang paling membedakan prosesor ini dengan seri sebelumnya adalah terdapatnya NPU berbasis XDNA™ yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi. Dengan demikian, TUF Gaming A15 (FA507U) bukan hanya sekadar tampil sebagai laptop gaming biasa, tetapi merupakan AI gaming laptop yang sesungguhnya.
Selain prosesor yang sangat andal, TUF Gaming A15 (FA507U) juga dibekali GPU modern yang dapat mengakselerasi performa grafis dan AI lebih jauh lagi. Hadir dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4070, TUF Gaming A15 (FA507U) tidak hanya dipastikan mampu menjalankan semua game AAA modern terbaru, tetapi juga sangat cocok untuk kebutuhan eksperimen AI seperti menjalankan aplikasi content generation secara offline atau bahkan melakukan training AI.
TUF Gaming A15 (FA507U) juga dibekali sistem pendingin canggih dengan dua kipas yang mampu menangani berbagai beban kerja, mulai dari gaming, content creation, hingga ekperimen AI. ASUS juga membekali TUF Gaming A15 (FA507U) dengan MUX Switch untuk memaksimalkan performa GPU dan memberikan fleksibilitas lebih kepada para pengguna AI gaming laptop ini.

Superior Durability
Seperti para pendahulunya, TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan laptop yang dirancang tidak hanya memberikan performa gaming terbaik, tetapi juga durabilitas terdepan. TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan salah satu dari sedikit laptop gaming di dunia yang mengantongi sertifikasi los uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Sertifikasi tersebut membuktikan bahwa TUF Gaming A15 (FA507U) memiliki desain bodi yang lebih tanggguh dibandingkan dengan kompetitornya sehingga penggunanya dapat lebih tenang saat membawa AI gaming laptop ini bepergian.
ASUS juga menyediakan perlindungan berupa garansi internasional untuk service dan sparepart selama dua tahun. Sepanjang masa garansi, pengguna dapat melakukan perbaikan dan penggantian sparepart secara cuma-cuma selama kerusakannya bukan diakibatkan oleh kelalaian pengguna. Untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna, ASUS menyediakan perlindungan bernama ASUS Perfect Warranty di tahun pertama.

Performance For All
TUF Gaming A15 (FA507U) dirancang sebagai laptop untuk mereka yang membutuhkan AI gaming laptop berperforma tinggi. TUF Gaming A15 (FA507U) sendiri hadir dengan prosesor AMD Ryzen™ 9 8945H yang memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread dengan clock speed hingga 5.2GHz. AI gaming laptop ini juga dibekali dengan memori DDR5 5600 berkapasitas 16GB, serta penyimpananan PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB. Sebagai catatan, memori dan penyimpanan di AI gaming laptop ini masih bisa di-upgrade sehingga memberikan ruang kepada para penggunanya untuk meningkatkan performa.
TUF Gaming A15 (FA507U) hadir dalam dua varian, yaitu yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4060 dan RTX 4070. Dikombinasikan dengan prosesor, memori dan penyimpanannya, sudah dipastikan TUF Gaming A15 (FA507U) hadir sebagai AI gaming laptop yang powerful sekaligus tangguh untuk semua. Dengan konfigurasi tersebut, TUF Gaming A15 (FA507U) dibanderol dengan harga mulai dari Rp23.999.000.
Bagi gamers dengan dana lebih terbatas, ASUS juga menghadirkan TUF Gaming A15 (FA506N) yang hadir khusus sebagai budget gaming laptop. TUF Gaming A15 (FA506N) ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 5 7535HS yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread dengan clock speed hingga 4.55GHz, serta pilihan GPU antara NVIDIA GeForce RTX 2050 dan RTX 3050. Untuk harganya, TUF Gaming A15 (FA506N) dibanderol dengan harga mulai dari Rp12.049.000.


ROG Community Indonesia
ROG Community Indonesia sendiri merupakan salah satu komunitas gaming terbesar di Indonesia dengan lebih dari 50.000 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. ROG Community hadir sebagai jembatan antara gamers sekaligus pengguna dan penggemar produk ROG dengan #TeamROG.
Dengan misi menghadirkan komunitas gaming yang sehat, ASUS ROG Indonesia juga akan menggelar berbagai kegiatan ROG Community lainnya di seluruh Indonesia. (*)


Penulis
: Donna Hutagalung/Rel
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com