Senin, 15 Juli 2024

1 Juni 2025 SIM Indonesia Bisa Dipakai di Negara ASEAN

Wilfred Manullang - Kamis, 20 Juni 2024 12:41 WIB
247 view
1 Juni 2025 SIM Indonesia Bisa Dipakai di Negara ASEAN
Foto: Rachman Haryanto
Ilustrasi SIM A dan SIM C
Jakarta (harianSIB.com)
Kabar gembira datang dari Kepolisian Indonesia. Masyarakat Indonesia yang selalu bepergian ke luar negeri khususnya di negara-negara ASEAN kni bisa bernapas lega. Jika selama ini tidak bisa mengendarai sendiri mobil saat berada di luar negeri, kini Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dikeluarkan Polri bisa digunakan di luar negeri.

Polri mengungkap mulai 1 Juni 2025, SIM Indonesia bisa berlaku di beberapa negara di Asia Tenggara. Negara yang menerima pemberlakuan ini antara lain Filipina, Thailand, Laos, Vietnam, Myanmar, Brunei, Singapura, dan Malaysia.

"Dengan kebijakan ini, warga yang berkendara di negara ASEAN tetap dapat menggunakan SIM Indonesia, tanpa keharusan memiliki SIM internasional," tulis akun melalui akun Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya seperti dilihat detikcom, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga:

Dalam postingan tersebut, Dirregident Korlantas Polri Yusri Yunus mengatakan penerapan aturan juga selaras dengan rencana nomor SIM yang akan diganti dengan nomor induk kependudukan (NIK) KTP. Hal tersebut juga akan berlaku pada 1 Juni 2025.

"Penerapan NIK sebagai nomor SIM menandai langkah maju dalam integrasi dokumen legalitas berkendara dengan dokumen negara lain, seperti NPWP, BPJS, dan KTP," kata Yusri Yunus dikutip dari TMC. (*)

Baca Juga:
Editor
: Wilfred Manullang
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Jaksa Agung Ungkap Pentingnya Bentuk Badan Kejaksaan se-ASEAN
Indonesia Beri Hibah Rp 6,5 M ke Laos untuk Dukung Keketuaan ASEAN 2024
Jokowi Serukan Solidaritas dengan Palestina pada KTT ASEAN-Australia
Jokowi ke KTT ASEAN-Australia akan Bahas Kerja Sama Pertahanan
Media Singapura Nilai Prabowo Akan Tingkatkan Peran Indonesia di ASEAN
Para Menlu ASEAN Sepakat Lanjutkan Hasil Keketuaan RI di KTT ASEAN Laos
komentar
beritaTerbaru