Minggu, 19 Mei 2024 WIB

Kasus Harian Covid-19 di Sumut Kembali Ganas

* Kasus Baru 1.643, Isoter di Medan Sudah Seperti ‘Pasar'
Redaksi - Kamis, 17 Februari 2022 09:55 WIB
365 view
Kasus Harian Covid-19 di Sumut Kembali Ganas
Foto: Halo Pacitan
Ilustrasi.
Medan (SIB)
Kasus harian Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali mengganas. Kasus baru corona pada 16 Februari 2022, tercatat 1.643 orang, sembuh 212 orang dan meninggal satu orang. Kasus sehari sebelumnya 1.444 orang, sembuh 222 orang dan meninggal nihil.

Sementara, total kasus corona mencapai 115.873 orang, angka kesembuhan 104.416 orang, meninggal 2.910 orang. Jumlah tersebut dilansir dari harianSIB.com dan laporan media harian Covid-19 Kemenkes, Rabu (16/2).

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah MM menyebutkan penambahan kasus baru positif corona tersebut paling banyak didapatkan dari Kota Medan sebanyak 822 kasus.

Kemudian, Deliserdang 252 kasus, Pematangsiantar 130 kasus, dan Simalungun 104 kasus. Sedangkan daerah lainnya yang menyumbang kasus baru di bawah angka 100 kasus.

"Penambahan angka sembuh diperoleh dari 10 kabupaten/kota, paling banyak didapatkan dari Kota Medan 148 kasus.

Terkait angka kematian Covid-19, bertambah hanya satu kasus yang disumbangkan dari Kota Medan," ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini kasus aktif Covid-19 Sumut sebanyak 8.547 orang. Jumlah ini meningkat dibanding sehari sebelumnya 7.117 orang. Sementara, Sumut peringkat ketujuh sebagai daerah penyumbang kasus harian Covid-19 terbanyak di Indonesia.

Peringkat pertama Jawa Barat sebanyak 15.196 kasus, DKI Jakarta peringkat kedua sebanyak 12.388 kasus, Jawa Timur peringkat ketiga sebanyak 7.919 kasus, Banten peringkat keempat sebanyak 6.798 kasus.

Jawa Tengah peringkat kelima sebanyak 4.991 kasus, Sulawesi Selatan peringkat keenam sebanyak 1.745 kasus, Sumatera Utara peringkat ketujuh sebanyak 1.643 kasus.

Dilaporkan juga kasus Covid-19 di Kota Medan setiap hari terus bertambah. Selasa (15/2) kasus konfirmasi positif Covid-19 mencapai 777 kasus.

Rata-rata dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Taufik Ririansyah kebanyakan gejala ringan dan sedang.

Namun demikian, untuk mengantisipasi penyebaran semakin meluas, banyak juga yang terkonfirmasi positif di isolasi terpusat (Isoter) P4TK.

"Perkembangannya tinggi sekali. Hari Selasa ada 777 kasus. Kebanyakan gejala ringan dan sedang," ujarnya.

Ia juga menyebutkan saat ini penghuni Isoter P4TK itu sudah mencapai 107 orang. Karena banyaknya, sebutnya, situasi di Isoter sudah seperti 'pasar'.

"Sudah seperti pasar, ramai kali di sana. Bagaimanalah penyebaran Covid-19 saat ini begitu cepat," paparnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini, pihaknya menyatakan terus melakukan peningkatan prokes, meningkatkan testing dan tracing.

Kemudian melaksanakan peraturan walikota (Perwal) tentang penerapan aplikasi PeduliLindungi. Karena Medan sudah PPKM level 3, tentunya dengan Inmedagri itu akan dilaksanakan sesuai aturan.

"Untuk peningkatan prokes yaitu melakukan razia masker di malam hari dan peningkatan prokes ini sama seperti yang dilakukan saat puncak Covid-19 pertama kali hadir. Ditambah lagi cakupan imunisasi ini akan kita terus tingkatkan, terutama yang anak. Setiap malam kita lakukan pendisiplinan prokes. Kalau ditemukan ada yang tidak menggunakan masker langsung kita periksa atau swab antigen ditempat. Kalau positif langsung kita sarankan dimasukkan ke Isoter," tegasnya.

Ia menjelaskan juga bahwa untuk stok vaksin masih cukup saat ini. Ketika ditanya menurunnya minat masyarakat atas vaksinasi, ia membenarkan.

"Betul, terutama vaksin anak, tapi booster masih semangat. Anak ini yang lama, sampai saat ini masih bertahan di 55 persen. Penyebabnya masih pengaruh orang tua. Karena anak-anakkan ikut aja dia kalau orangtuanya membolehkan," ungkapnya.

Namun begitu katanya pihaknya berupa terus menerus dengan kerjasama dengan stakeholder untuk percepatan vaksinasi ini. (SS6/f)

Sumber
: KORAN SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Berani Tolak Setoran Judi, Kapolda Sumut Umrohkan Kapolsek Barus
Nikson Nababan Daftar Jadi Balon Gubernur Sumut ke DPW PPP Sumut
Bupati Lira Minta Pemprov Sumut Lanjutkan Pembangunan Jalan Pematangsiantar-Saribudolok
Kunker ke Sibolga, Kapolda Sumut Dorong Personel Lindungi Hak Nelayan
Menpora Tepis Isu PON XXI Aceh-Sumut Ditunda, Persiapan Sumut Berjalan On The Track
Kapolda Sumut Ajak Personel Polres Tapteng Perangi Narkoba
komentar
beritaTerbaru