Minggu, 19 Mei 2024 WIB

Viral Diduga Lecehkan Wanita, Ketua PSI Jakbar Mengundurkan Diri

Redaksi - Kamis, 28 Maret 2024 11:20 WIB
191 view
Viral Diduga Lecehkan Wanita, Ketua PSI Jakbar Mengundurkan Diri
Foto: ANTARA/Handout
Ilustrasi
Jakarta (SIB)
Seorang Wanita berinisial W (29) mengaku dilecehkan oleh Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat Anthony Norman Lianto. Usai kasus itu viral, Anthony memutuskan mundur dari jabatannya.

Pengakuan W itu disampaikannya berbentuk wawancara yang ditayangkan di sebuah akun TikTok hingga viral di media sosial. Dilihat detikcom, Rabu (27/3), peristiwa itu bermula ketika W hendak mendaftarkan diri sebagai pengurus PSI.

Wanita asal Solo, Jawa Tengah, itu mengaku tertarik menjadi bagian dari partai berlambang mawar merah itu. W pun menyebut dirinya telah diterima kerja sebagai buzzer PSI.

W kemudian mengaku dipanggil untuk urusan pekerjaan namun malah dibawa ke sebuah kamar terkunci dan aksi kekerasan seksual pun terjadi.

Setelahnya, W mengaku sempat menerima ancaman dari Anthony dan diminta tak menceritakan kejadian yang menimpanya. W juga diminta untuk berpura-pura tak mengenal terduga pelaku ketika bertemu.

DPW PSI Jakarta pun buka suara mengenai dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu kadernya. Melalui pernyataan resmi yang ditandatangani oleh Ketua DPW PSI Jakarta Elva Fahri Qolbina dan Sekretaris DPW Geraldi Ryan Wibinata, PSI menyebut kini Anthony telah mengundurkan diri dari jabatannya Ketua DPD Jakbar.

"Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta dengan tegas menyatakan sikap terkait dugaan kasus kekerasan seksual yang melibatkan mantan Ketua DPD PSI Jakarta Barat. Terduga pelaku sudah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPD sejak Selasa, 26 Maret 2024," kata Elva dalam pernyataan tersebut, Rabu (27/3).

Elva memastikan DPW PSI Jakarta telah memproses kasus tersebut secara internal partai. Prinsipnya, ia menegaskan bahwa PSI tak menolerir segala bentuk pelecehan seksual.

"Sejak diberitakan terkait kasus tersebut, DPW PSI Jakarta telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan prosedur internal partai. Kami ingin menegaskan bahwa partai kami tidak mentolerir tindakan kekerasan seksual dalam bentuk apapun dan terhadap siapapun," ujarnya.

PSI juga mendukung seluruh proses hukum yang tengah bergulir. Pihaknya menyerahkan aparat penegak hukum memproses secara adil. (**)



SHARE:
Tags
beritaTerkait
Thuong Mundur, Wapres Vietnam Vo Thi Anh Xuan Jadi Presiden Sementara
Jadi Tersangka KPK, Sekda Bandung Mundur
Geger Skandal Korupsi, Menteri Perhubungan Singapura Mengundurkan Diri
Sekwan dan Sekda Tapteng Mengundurkan Diri
Firli Bahuri Mengundurkan Diri dari KPK
Wamenkumham Eddy Hiariej Mengundurkan Diri
komentar
beritaTerbaru