Minggu, 05 Mei 2024

Tentara AS yang Hilang di Hutan Karawang Ditemukan Tewas

Redaksi - Rabu, 24 April 2024 11:20 WIB
222 view
Tentara AS yang Hilang di Hutan Karawang Ditemukan Tewas
Foto: dok. Istimewa
Major William Walker, perwira US Army dari satuan Aviation Officer yang hilang di hutan Karawang, Jabar, ditemukan meninggal dunia. 
Jakarta (SIB)
Seorang tentara Amerika Serikat (AS) yang sebelumnya dilaporkan hilang, di kawasan hutan Karawang, Jawa Barat, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

“Sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia karena sakit mendadak (serangan jantung),” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Nugraha Gumilar, Selasa (23/4).

Nugraha menjelaskan awalnya tentara AS itu tengah meninjau medan untuk tempat pendaratan terjun payung dalam rangka latihan Super Garuda Shield (SGS).

Sebelumnya, Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Arif Budiman mengatakan peristiwa diduga hilangnya seorang perwira US Army terjadi pada Senin (22/4) sekira pukul 14.00 WIB.

Pihaknya menyisir lokasi sekitar diduga menjadi titik hilangnya tentara AS tersebut.

“Iya tentara Amerika, kalau kejadian hilang itu kemarin, kita masih menyisir di wilayah Desa Karanganyar,” ucap Arif.

Berdasarkan berbagai sumber informasi yang beredar pada Senin malam lalu, tentara AS yang hilang di hutan Karawang itu adalah Major William Walker dari satuan Aviation Officer.

Ia tergabung dalam tim Tinjau Medan pada Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) SGS TNI dan US Army yang berlangsung di Karawang Baru, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.


Sempat Kirim Lokasi
Sebelum dinyatakan hilang, William sempat mengirimkan lokasi via GPS dari ponselnya.

“Korban hilang dilaporkan membawa HP iPhone miliknya. Melalui GPS yang dikirim dari HP korban, diketahui lokasi terakhirnya berada di sebuah galian hutan, yang berjarak 1 jam 30 menit dari posko utama di Perumahan Karawang Baru,” kata Arif.

Arif menerangkan, pihaknya melakukan pencarian bersama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas terdekat, serta pihak Kodim 0604 Karawang, dan Yonif 305 Karawang.

“Iya kita bareng dengan Babinsa Bhabikamtibmas, termasuk juga dari Kodim dan Yonif 305, kita juga sebar informasi kepada warga melalui foto korban,” imbuhnya.


Dievakuasi ke RS
Mayjen TNI Nugraha Gumilar juga menyampaikan jenazah perwira Major William Walker, telah dievakuasi. Jenazah telah disemayamkan di rumah sakit.

“Sudah (dievakuasi-red), sudah dibawa ke rumah sakit,” ujar Mayjen TNI Nugraha.

Mayjen Nugraha menyampaikan jenazah Walker ditemukan kemarin malam. Mayjen Nugraha mengatakan TNI, tim SAR dan US Army langsung mencari korban yang tak kunjung pulang dari sore.

“(Ditemukan-red) malam ya waktu itu jamnya. Malam diketemukannya, karena nggak kembali, langsung dicari,” imbuh Mayjen Nugraha.

Dia mengatakan kegiatan survei medan pendaratan untuk pasukan terjun payung, yang dilakukan TNI dan US Army berlangsung hingga sore hari. “Itu kan kegiatannya sampai sore, ditunggu-tunggu nggak pulang, terus dicari. Ditemukannya malam itu juga,” jelas Nugraha. (**)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Taruna STIP Tewas Diduga Dianiaya Senior
Tragis, 2 Pemuda Asal Medan Korban Tabrak Lari Tewas di Pematangsiantar
Rikson Januari Hutagalung Tewas Lakalantas di Jalinsum Tarutung
Seorang Pria Tewas Diduga Korban Tabrak Lari di Sergai
Penjaga Bengkel Ditemukan Tewas di Gudang
Diduga Diterkam Harimau, Wanita Lansia Ditemukan Tewas di Madina
komentar
beritaTerbaru