Minggu, 05 Mei 2024

Sekda Sumut Buka Musrenbang Labuhanbatu

Redaksi - Minggu, 28 Maret 2021 21:42 WIB
425 view
Sekda Sumut Buka Musrenbang Labuhanbatu
(Foto: Dok/Diskominfo)
MUSRENBANG: Sekda Pemprov Sumut Hj Sabrina Munte didampingi Asisten III Pemprov HM Fitriyus, Plh Bupati M Yusuf Siagian, Kajari Labuhanbatu Kumaedi, Kepala Baapeda Hobol Z Rangkuti dan unsur pimpinan daerah, memukul gong membuka Musrenbang Kabupa
Rantauprapat (SIB)
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara Hj Sabrina Munthe membuka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (21/3), di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat. Musrenbang ini menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Labuhanbatu tahun 2022.

"Musrenbang menjadi instrumen evaluasi capaian kinerja pemerintah daerah kabupaten untuk meningkatkan rantai ekonomi, sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA), industri, pertanian, pendidikan dan pendukung kemajuan pembangunan daerah," sebut Hj Sabrina.

Sekdaprov Sumut menjelaskan, Musrenbang adalah forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah.

Sedangkan Musrenbang RKPD merupakan forum musyawarah antarpemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota di wilayah kecamatan,' jelasnya.

"Tujuan Musrenbang RKPD, untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan," jelas Sabrina.

Kemudian, tambahnya, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi OPD yang diklasifikasikan berdasarkan urusan.

"Untuk melakukan Musrenbang RKPD tentu harus sudah disusun dulu RKPD-nya. Dimulai dari persiapan penyusunan RKPD yang kemudian dihasilkan output berupa Rancangan Awal RKPD. Rancangan Awal RKPD ini diverifikasi hingga menjadi Rancangan RKPD. Rancangan RKPD inilah yang dibahas di Musrenbang RKPD yang kemudian jadi rancangan akhir yang digunakan untuk penyusunan KUA (Kebijakan Umum APBD) dan PPAS (Plafon Prioritas Anggaran Sementara)," jelasnya.

Pelaksana harian (Plh) Bupati Labuhanbatu Muhammad Yusuf Siagian dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Musrenbang ini diarahkan untuk dapat menyinkronkan pendekatan bottom-up dan top-down secara partisipatif dengan mempertimbangkan aspek teknokratik dan keputusan yang diambil secara politik (bermusyawarah untuk bermufakat) serta secara substansi berorientasi pada pendekatan holistik, tematik, integratif dan spasial.

Musrenbang ini dihadiri Asisten III Pemprov Sumut HM Fitriyus, para perwakilan organisasi pemerintah daerah (OPD) Pemprov, para Asisten Setdakab, Staf Ahli Bupati, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Hobol Zulkifli Rangkuti, para kepala OPD, Kabag, camat, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Labuhanbatu. Juga dihadiri unsur pimpinan daerah, seperti Kajari Labuhanbatu Kumaedi SH, mewakili Dandim 0209/LB, mewakili Kapolres dan mewakili Ketua PN Rantauprapat.

Musrenbang dilakukan dengan tatap muka langsung dan melalui video conference itu dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Seluruh peserta memakai masker dan menjaga jarak untuk menghindari penularan virus corona. (E5/c)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Terlibat Jual Sabu di Jalan Iwan Maksum Rantauprapat, Bou Ditangkap
MTQ dan FSQ 2024 Ditutup, Bilah Hulu dan Bilah Hilir Juara Umum
Pemkab Labuhanbatu Kunjungi Rizki, Anak Penderita Kelainan Jantung
Pengedar Sabu di Padangbulan Rantauprapat Ditangkap
Ini Perolehan Kursi dan 45 Caleg Terpilih untuk DPRD Labuhanbatu Hasil Pemilu 2024
Pemkab Labuhanbatu Berikan Rp 25 Juta Bantuan untuk Junaidi Marpaung, Wartawan Korban Pembakaran Oleh OTK
komentar
beritaTerbaru