Minggu, 19 Mei 2024 WIB

Musrenbang RKPD 2025, Bupati Sergai Sampaikan 7 Prioritas Pembangunan

Redaksi - Senin, 04 Maret 2024 18:49 WIB
222 view
Musrenbang RKPD 2025, Bupati Sergai Sampaikan 7 Prioritas Pembangunan
Foto: Dok/Diskominfo
DIABADIKAN: Bupati Sergai, H Darma Wijaya bersama Wabup H Adlin Tambunan dan Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara, H Rajali, serta unsur Forkopimda diabadikan usai pembukaan Musrenbang RKPD tahun 2025, Senin (4
Sergai (harianSIB.com)

Bupati Serdangbedagai (Sergai), H Darma Wijaya membuka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sergai Tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sergai tahun 2025-2045, di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Seirampah, Senin (4/3/2024).

Darma Wijaya menyampaikan, tema pembangunan tahun 2025 adalah "Percepatan pencapaian Sapta Dambaan untuk Serdang bedagai Maju Terus", dengan 7 prioritas pembangunan dalam masa periode RPJMD Kabupaten Sergai tahun 2021-2026.

Ketujuh program prioritas tersebut yakni, sekolah mantab (mandiri, terampil, asri dan berkualitas), masyarakat sehat dan religius; pertanian mandiri dan berkelanjutan, infrastruktur terintegrasi, ekonomi berdaya saing; wisata maju terus dan birokrasi dambaan.

"Program prioritas pembangun tersebut diturunkan menjadi 49 kegiatan strategis daerah," sebutnya.

Darma Wijaya menekankan, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian serius, yakni perangkat daerah fokus terhadap pencapaian target kinerja yang ada di RPJMD 2021-2026 dengan prioritas pembangunan Sapta Dambaan.

"Kedua adalah terkait dengan program kegiatan dan belanja lebih diprioritaskan untuk peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Terakhir, agar perangkat daerah menghindari belanja yang tidak mendukung indikator program/kegiatan," jelasnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera, Hassanudin diwakili Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara, H Rajali, menjelaskan, prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara tahun 2025, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM); peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif; peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan; peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.

Untuk Kabupaten Sergai, ia menyampaikan beberapa penekanan untuk dibahas pada Musrenbang tahun ini, antara lain memperhatikan dan menyesuaikan target-target indikator pembangunan daerah dalam dokumen perencanaan pembangunan yang lebih tinggi.

Kedua, memperhatikan hasil evaluasi RKPD Kabupaten Sergai tahun 2023 untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung. Ketiga, mendukung program prioritas dan strategis baik di tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten.

“Terakhir, menyesuaikan kemampuan keuangan dan sumber daya yang ada dalam menyusun skala prioritas pembangunan secara terukur,” jelasnya.

Musrenbang menghadirkan nara sumber dari Kementerian Pendidkan Kebudayaan Riset dan Teknologi Balai Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Reinhard Rasoki Togi Gultom, Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Sumut Oktavia Siska Yanti, Asisten Direktur Bank Indonesia Kanwil Sumatera Utara Aegina S Surbakti, serta dihadiri perwakilan unsur Forkopinda Sergai, Wakil Bupati H Adlin Tambunan, Plh Sekdakab Fajar Simbolon, serta jajaran Kepala OPD Kabupaten Sergai. (*)



Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bupati Apresiasi KONI Sergai Dalam Pembinaan Cabor dan Peningkatan SDM Atlet
Dambaan Jilid II Daftar ke Demokrat, PDI-P dan Golkar Sergai
Pj Gubernur Pakai Baju Adat Toba, Naik Becak Bersama Bupati/Wali Kota
Launching Lapangan Olahraga, Bupati Sergai Pesan agar Dijaga dan Dirawat
Buka Musrenbang RKPD 2025 Zona Pantai Timur, Pj Gubernur Sumut Sebut Sejumlah Isu Strategis
Bupati Sergai Buka Bimtek Pembelajaran dan Asesmen Jenjang SD Negeri
komentar
beritaTerbaru