Minggu, 19 Mei 2024 WIB
Hasil Pengungkapan Desember 2023 - Maret 2024

Polresta Deliserdang Musnahkan Sabu 8,7 Kg dan Ganja 7 Kg Lebih

Redaksi - Rabu, 27 Maret 2024 18:31 WIB
210 view
Polresta Deliserdang Musnahkan Sabu 8,7 Kg dan Ganja 7 Kg Lebih
(Foto:SIB/Lisbon Situmorang)
BARANG BUKTI : Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Raphael Sandhy Cahya Priambodo SIK (tengah) bersama Kajari, Kepala BNNK, perwakilan Bupati, perwakilan Ketua PN Lubukpakam dan Personel Labfor Polda Sumut, mengangkat barang bukti sebelum dimusnahk
Lubukpakam (SIB)
Polresta Deliserdang memusnahkan barang bukti narkotika berupa sabu seberat 8.707,60 gram atau 8,7 Kg lebih dan ganja seberat 7.055,11 gram atau 7 Kg lebih, hasil pengungkapan kasus narkoba periode Desember 2023 hingga 25 Maret 2024, Selasa (26/3), di Mapolresta Deliserdang.
Pemusnahan sabu itu dilakukan dengan cara direbus ke dalam air mendidih dan air rebusannya dibuang ke septik tank, sedang bungkusnya langsung dibakar, dan pemusnahan ganja dilakukan dengan cara dibakar.
Pemusnahan itu dipimpin Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Raphael Sandhy Cahya Priambodo SIK, bersama Kajari Deliserdang, Mochamad Jeffry SH MHum, Kepala BNNK Deliserdang, Kombes Pol Endang Hermawan, Citra Efendy Capah mewakili Bupati Deliserdang, perwakilan Ketua PN Lubukpakam, Kasdim 0204/DS, Mayor Czi RM Panjaitan, dan personel Unit Labfor Polda Sumut.
Dalam sambutannya, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Raphael Sandhy Cahya Priambodo SIK mengatakan, kegiatan itu adalah wujud transparansi proses penyidikan kepada masyarakat, supaya tidak ada penafsiran yang tidak baik.
Sejumlah barang bukti yang dimusnahkan merupakan pengungkapan kasus Satres Narkoba Polresta Deliserdang, terdiri dari 115 kasus laporan polisi dengan jumlah tersangka 167 orang, dengan jumlah barang bukti sabu seberat 9.076,88 gram, ganja seberat 8,457,97 gram dan ekstasi 254 butir.
Kasat Narkoba Polresta Deliserdang Kompol Sebastian RS Saragih mengatakan, sejumlah barang bukti yang dimusnahkan di antaranya adalah pengungkapan kasus di Bandara Internasional Kualanamu dengan mengamankan 7 tersangka.
Pengungkapan itu berawal ketika Petugas Avsec bekerjasama dengan Personel Polresta Deliserdang, mengamankan 2 orang calon berinsial RS (40) warga Jalan Raya Gandul Kecamatan Cinere Kota Depok, dan IJ (31) warga Desa Nagur Kecamatan Tanjungberingin Kabupaten Serdangbedagai, Selasa (23/1) pukul 11.30 WIB, di Bandara Kualanamu.
Saat menjalani pemeriksaan barang dan tubuh di area Security Check Point (SCP) jalur keberangkatan menuju ruang tunggu (gate), karena ada sesuatu yang tersimpan di dalam pakaiannya. Ternyata setelah pakaiannya dibuka, ada benda yang direkatkan dengan lakban warna kuning di bagian perut keduanya.
Ketika diinterogasi personel Polresta Deliserdang, keduanya mengaku bahwa keberangkatannya bersama 5 orang lagi yang merupakan temannya. Dengan cepat, personel memeriksa kode boking tiket pesawat yang sama dan diketahui identitas temannya.
Setelah melakukan penyisiran di area ruang tunggu, 2 calon penumpang lagi ditemukan, berinsial Az (44) warga Kelurahan Lebak Bulus Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan, dan MIF(31) warga Kelurahan Gobang Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Dari keduanya disita 2 bungkusan plastik yang direkatkan kebagian perut berisi sabu.
Hasil interogasi dari 4 calon penumpang, personel Sat Narkoba Polresta Deliserdang selanjutnya mengamankan seorang lagi teman mereka yang belum berangkat berinsial MR alias BR (35) warga Desa Paya Geli Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang, Rabu (24/1), di salah satu hotel di Medan.
Kepada personel, MR alias BR mengaku bahwa sabu yang dibawa 4 temannya itu diperoleh dari HG alias O (28,) warga Kelurahan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Tidak mau buruan lepas, HG alias O diamankan di salah satu hotel di Medan Tuntungan, Kamis (25/1), pukul 06.30 WIB. Dari tangannya, disita 3 bungkusan sabu seberat 3.088 gram. (**).



Baca Juga:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
5 Ha Ladang Ganja di Mandailing Natal Dimusnahkan
Polres Madina Temukan Ladang Ganja Seluas 1,5 Hektar di Pegunungan Tor Shite
Kabag SDM Polresta Deliserdang Dijabat Kompol Manson Nainggolan
3 Pelaku Curanmor di STM Hilir Ditangkap Polisi
Judi Marak, Mahasiswa Desak Kapolda Copot Kapolresta Deliserdang
Tujuh Siswa SMA Negeri 1 Onanganjang Lolos ke OSN Provinsi
komentar
beritaTerbaru