Sabtu, 18 Mei 2024 WIB

Pj Gubernur Hassanudin Imbau Warga Sumut Gelar Takbiran di Tempat Masing-masing

Redaksi - Selasa, 09 April 2024 20:56 WIB
975 view
Pj Gubernur Hassanudin Imbau Warga Sumut Gelar Takbiran di Tempat Masing-masing
Foto: Felicia Gisela Br Sihite/detikSumut
Pj Gubsu Hassanudin foto bersama sejumlah tokoh agama Sumut saat melakukan pemantauan hilal. 

Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, mengimbau warga yang menggelar malam takbiran menjelang Idul Fitri 1445 Hijriyah. Ia menyarankan agar warga membuat kegiatan di tempat masing-masing.

"Untuk warga di Sumut, khususnya warga Kota Medan, untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang melebihi kegiatan keagamaan," kata Hassanudin saat diwawancarai jurnalis detikcom di Kantor Gubsu, Selasa (9/4/2024).

"Mulailah dengan kegiatan takbir di tempat masing-masing dengan cara bersyukur dan berbahagia untuk menyambut hari kemenangan ini," tambahnya.

Ia pun menyampaikan untuk para pemudik agar mudik sesuai dengan tagline Pemprov Sumut, yakni mudik yang ceria dan bermakna. Oleh karena itu, untuk para pengendara harus disiapkan seluruh kelengkapannya.

"Dan bagi yang menggunakan kendaraan umum, ikuti lah ketentuan yang ada. Berbahagialah lebaran bersama keluarga," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, dilansir dari detikNews, Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan mengimbau agar masyarakat tidak melakukan konvoi pada malam takbiran jelang Idul Fitri 1445 Hijriyah.

"Edukasi dari sekarang ini, kita sosialisasikan kepada masyarakat tidak melakukan konvoi ketika takbiran. Karena secara history, kalau sudah konvoi itu bukan takbiran, artinya terjadi konflik antar grup, antar geng, ini terjadi konflik di jalan," kata Aan di Command Center KM 29 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (9/4/2024).

Aan pun mengungkapkan, jika pihaknya telah melakukan persiapan untuk pengamanan malam takbiran yang diprediksi terjadi malam nanti. Pengamanan dilakukan, terutama di kota-kota besar lewat masing-masing Dirlantas Polda setempat.

"Takbiran sudah kita siapkan, beberapa kota besar. Kemudian dari para Dirlantas juga sudah menyiapkan pengamanannya. Ada beberapa mungkin nanti rekayasa lalu lintas untuk preventif kalau-kalau ada yang melakukan takbir keliling dan sebagainya," ujar Aan.

"Tentu takbir keliling juga kita imbau nanti tidak dilaksanakan ya, lebih khusuk lagi di masjid, di rumah untuk bertakbir. Sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang lain. Prinsipnya udah siap untuk penanganan arus lalin selama takbir nanti malam," imbuhnya.(detikcom)


Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kapolda Sumut Ajak Personel Polres Tapteng Perangi Narkoba
Bidang Intel Kejati Sumut Peringkat 2 Nasional dalam Penggunaan Aplikasi SIACC
Dituduh Gelapkan Agunan Debitur di Aeknabara, Ini Penjelasan Bank Sumut
Ijeck Kembalikan Formulir Pendaftaran Balon Gubernur Sumut ke Partai Gerindra
Kasus PPPK, Polda Sumut Periksa Mantan Bupati Batubara
Kanwil Kemenkumham Sumut Lakukan Pendampingan Merek Kolektif di Karo, Salah Satunya Cimpa
komentar
beritaTerbaru