Cegah Corona, NU Batubara Imbau Amalkan Qunut Nazilah


618 view
Cegah Corona, NU Batubara Imbau Amalkan Qunut Nazilah
Foto: SIB/Dok
Sekretaris PC NU Batubara Erwin Parlindungan Nasution

Batubara (SIB)

Di tengah penyebaran wabah pandemi Covid-19 yang meningkat di sejumlah daerah di Sumatera Utara, pengurus cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Batubara mengimbau umat Islam agar mengamalkan doa qunut nazilah (tolak bala) pada setiap sholat pardhu sesuai anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selain doa qunut, umat Islam khususnya warga Nahdliyin Batubara dianjurkan perbanyak membaca sholawat thibil qulub sambil berzikir setiap saat agar dijauhkan dari wabah Corona serta virus dan penyakit lainnya, kata Sekretaris NU Batubara Erwin Parlindungan Nasution kepada hariansib.com, Kamis (9/4/2020) melalui Whatsapp.

Menurut Erwin, sebagai hamba yang dho'if, selayaknya melakukan iktiar secara dzohir sesuai anjuran pemerintah dengan berdiam diri di rumah, menghindari keramaian dan sering cuci tangan dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, namun harus juga dilakukan ikhtiar secara rohaniyah, yakni mendekatkan diri kepada Allah Tuhan yang maha kuasa dengan lantunan do'a dan zikir serta sholawat terhadap baginda Nabi Muhammad SAW.

Dengan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT, umat muslim diajak bertaubat massal dengan memperbanyak doa, istighfar serta melaksanakan imbauan PBNU berupa Istighosah di rumah dengan harapan wabah ini segera berakhir dan kita situasi segera pulih menjadi normal kembali.

Selain itu, memperbanyak infaq dan shodaqah juga tak kala pentingnya sebagai salah satu upaya untuk menolak bala dan sekalian mara bahaya bagi bangsa dan negara Indonesia.

Dicontohkannya, sebagaimana bencana kebakaran hutan yang pernah melanda beberapa daerah di Indonesia beberapa waktu lalu, setelah dilakukan berbagai upaya pemadaman, namun ternyata kebakaran hutan itu dapat benar-benar diatasi setelah turunnya hujan, katanya memgakhiri.(*)

Penulis
: BURHAN
Editor
: Wilfred Manullang
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com