Panel Surya PJUTS di Jalan Besar Rawang Raib


256 view
Panel Surya PJUTS di Jalan Besar Rawang Raib
Foto SIB/Donal Tampubolon
Lampu di 20 tiang lampu PJUTS di jalan besar menuju Kecamatan Rawang Panca Arga, Asahan, mati karena panel surya penerangan bertenaga surya tersebut sudah raib sehingga kondisi jalan menjadi gelap gulita, Senin (15/3/2021).
Kisaran (SIB)
Sebanyak 20 panel surya Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di jalan besar menuju Rawang Panca Arga raib. Raibnya 20 panel surya sudah terjadi sekira satu bulan. Saat ini, kondisi jalan tersebut menjadi gelap gulita.

Bernandus, pemiliki lahan persawahan di Kecamatan Rawang Panca Arga, yang kerap melintas di jalur tersebut kepada SIB, Senin (15/3/2021), menyebut, Januari 2019 lalu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah membangun 20 PJUTS sepanjang sekira 1 Km di jalan besar Rawang. Saat itu, lampu penerangan jalan sudah berfungsi dengan baik sehingga pengguna jalan sangat merasakan manfaatnya.
Memasuki bulan ketiga 2021, penerangan jalan umum bertenaga surya itu sudah tidak berfungsi lagi disebabkan panel surya yang berada di atas tiang raib. Entah siapa yang mengambil tidak warga yang tahu.

"Yang jelas, kondisi sepanjang jalan menjadi gelap gulita," cetus Bernandus.

Amatan di lapangan, keberadaan tiang lampu penerangan jalan umum bertenaga surya itu berdiri persis di persimpangan jalan besar Rawang (dekat portal) - jalan lintas menuju arah Kecamatan Air Joman.

Dari tiang PJUTS pertama hingga ke tiang kedua puluh, tidak ada satu pun lampu yang menyala sehingga kondisi jalan gelap gulita. Apalagi di sepanjang jalan tidak ada rumah-rumah penduduk, hanya ada tanaman sawit dan rambong milik salah satu perusahaan swasta. (*)

Penulis
: Donal Tampubolon
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com