Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Kidung Kehidupan Datar Manurung

Redaksi - Rabu, 29 Maret 2023 19:17 WIB
276 view
Kidung Kehidupan Datar Manurung
Pdt Datar Manurung - Ps Oni Barita (b)
Jangga Dolok - Toba (SIB)
Sejumlah gembala jemaat mengenang tiga tahun wafatnya Pdt Datar Manurung. Mantan Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) GBI Sumut dua periode plus perpanjangan jabatan dua tahun itu dimakamkan di huta di Jangga Dolok - Lumbanjulu, Toba.
Putra almarhum, Ps Jhon Edward Manurung, tak dapat bergabung dengan peziarah sebab melayani di Balik Pulau di Pulau Pinang, Malaysia.
Sepanjang kehidupannya, Pdt Datar Manurung adalah sosok panutan. Kehidupannya sama seperti air... sejuk mengalir, seperti kidung yang meneduhkan.
“Orangtua saya sosok yang tak tahu muluk-muluk. Kehidupannya lurus-lurus saja. Ini buktinya,” urai gembala yang populer dengan nama Ps Oni Barita tersebut.
Ia menunjuk tulisan-tulisan tangan almarhum yang berisi permenungan serta kutipan-kutip nats Alkitab. Satu di antaranya adalah Pengkhotbah 9:10 ...Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.
“GBI Sumut Aceh mencatat perjuangan dan pengabdian orangtua saya dalam pengembangan organisasi yang bertumpu pada semangat gereja yang suci dan agung,” tambahnya sambil mengatakan orang yang dikaguminya itu memiliki semangat sempurna. Di jeda pergumulannya, ia menulis.
“Tulisan-tulisan (yang belum terpublikasi) itu menginspirasi untuk melangkah dan terus mengabdi di jalan-Nya,” tambahnya.
Suatu kali, saat mendampingi Pdt Bambang Jonan dan rombongan besar para gembala dan pengurus BPD Gereja Bethel Indonesia (GBI) dari ragam daerah ke Toba untuk berziarah ke makam Pdt Datar Manurung, Pdt Jansen Lase dipastikan sebagai peletak dasar gereja Pentakosta di wilayah Toba.
Gereja GBI Janggadolok yang dibangunnya, masih terus melayani-Nya dan kini dilayani generasi ketiga keluarga almarhum. (Instagram /Facebook /R10/a)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pdt Mangapoi Marbun - Pdt Anjur Simanullang - Pdp Robert Andar Malau Dikukuhkan Jadi KSB GBI Sumut - Aceh
komentar
beritaTerbaru