HUT PGRI Dirangkai dengan Deklarasi Sekolah Ramah Anak di SDN 091316 Raya


224 view
HUT PGRI Dirangkai dengan Deklarasi Sekolah Ramah Anak di SDN 091316 Raya
(Foto: harianSIB.com/Jheslin M Girsang)
DEKLARASI: SD Negeri 091316 Unggulan Raya, Kabupaten Simalungun dideklarasikan menjadi Sekolah Ramah Anak, Jumat (25/11). 

Simalungun (SIB)

SD Negeri 091316 Unggulan Raya memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Pamatangraya, Kabupaten Simalungun, Jumat (25/11).


Acara dirakit dengan deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) untuk SDN 091316 Unggulan Raya.


Hadir juga Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kecamatan Raya Sahat Purba SPd, Ketua Komite dan orangtua siswa.


Kepala SDN 091316 Unggulan Raya, Edward Sinaga MPd mengajak seluruh warga sekolah, orang tua dan stakeholder untuk bergandeng tangan berkolaborasi demi terciptanya sekolah yang ramah, nyaman, aman dan menyenangkan bagi anak didik dalam menuntut ilmu.


"Kita berupaya untuk mewujudkan sekolah yang mampu melahirkan generasi yang kreatif, inovatif, religius yang berwawasan lingkungan serta mengabdi kepada bangsa dan negara," tutur Edward, seperti dilansir dari harianSIB.com.


Kualitas layanan juga dinilai menjadi salah satu indikator utama yang menjadi misi sekolah. Hubungan kekeluargaan dan kerjasama dengan seluruh komponen diharapkan berlandaskan semangat 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun).


Ia mengajak pihak sekolah untuk mengayomi dan menyukseskan program sekolah ramah anak. Kegiatan seperti ini dinilai selangkah lebih maju dari yang lain.


"Tindakan kekerasan kepada anak supaya tidak terjadi agar anak-anak bisa menjadi cerdas dan mendapatkan perlakuan yang layak," pesannya.


Adapun tujuan dari Sekolah Ramah Anak yaitu untuk mencegah kekerasan terhadap anak, mencegah anak mendapatkan kesakitan, mencegah kecelakaan di sekolah, menciptakan hubungan antar warga sekolah yang lebih baik dan berkualitas serta memudahkan pemantauan kondisi anak selama berada di sekolah.


Sementara itu memperingati hari guru nasional ke-77, siswa SD 091428 Afdeling A Sidamanuk Kabupaten Simalungun menggelar berbagai perlombaan, Jumat (25/11).


Kepala SD N 091428 Romaidah Pakpahan SPd SD kepada SIB mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan seluruh siswa untuk merayakan Hari Guru.


Berbagai perlombaan dilaksanakan seperti lomba makan kerupuk untuk kelas I, lomba lari membawa kelereng pakai sendok untuk kelas II, lomba memasukkan paku ke dalam botol di ikat dipinggang untuk kelas III.


Kemudian untuk kelas IV lomba menari balon di kening, kelas V lomba mengisi air ke dalam botol, kelas VI memindahkan sarung secara estafet dan terakhir juga diadakan lomba baca puisi, kata Kepsek.


Romaidah berharap, moment Hari Guru ini, para tenaga pendidik bisa serentak berinovasi wujudkan merdeka belajar sesuai tema peringatan hari Guru tahun ini.


"Melalui perayaan ini, kepala sekolah (Kepsek) berharap para guru bisa semakin berinovasi demi keberhasilan dan kejayaan bangsa," tutupnya.


Setelah selesai perlombaan digelar, Kepsek bersama para guru menyerahkan hadiah kepada siswa yang juara di halaman sekolah.


SMP Negeri 1 Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun juga menggelar upacara Hari Guru ke-77, Jumat (25/11).


Bertindak sebagai pembina upacara Kepala Sekolah Lamhot Saragih, pemimpin upacara Cosman Erwan Silalahi.


Upacara Hari Guru ke-77 bertugas sebagai pengibar bendera yakni Jessiaman, Novita, Zuahary Purba.


Pembacaan UUD 1945 oleh Lismer Haloho, pembacaan kode etik guru oleh Nelli Purba dan pembacaan ikrar Guru Indonesia dibacakan Jonny Silalahi, hymne Guru oleh Maulina Sinaga.


Acara Hari Guru ke-77 diisi dengan persembahan atraksi bela diri "Dihar" dibawakan siswa/i. (SS15/D10/D4/a)




Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com