Jalan Menuju Desa Uneka Sergai Rusak, Manager Silau Dunia Siap Bantu Lakukan Perbaikan


82 view
Jalan Menuju Desa Uneka Sergai Rusak, Manager Silau Dunia Siap Bantu Lakukan Perbaikan
(Foto: SIB/Bonny Sembiring)
TERJEBAK: Sepeda motor Imam RA Lubis (29), terjebak di jalan yang berlubang dan berlumpur, tepatnya di areal Afdeling VII PTPN III Kebun Silau Dunia, Kecamatan Bintangbayu, Kabupaten Sergai, Jumat (12/11/2021). 
Sergai (harianSIB.com)
Kondisi jalan dari Desa Ujung Negeri Hulu menuju Desa Ujung Negeri Kahan (Uneka), Kecamatan Bintangbayu, Kabupaten Serdangbedagai, tepatnya di areal Afdeling VII PTPN III (Persero) Kebun Silau Dunia, saat ini rusak parah dan sangat memprihatinkan. Situasi akses itu diperparah intensitas hujan yang cukup tinggi selama beberapa pekan terakhir di wilayah Desa Ujung Negeri Hulu.

Pantauan jurnalis Koran SIB Bonny Sembiring di lapangan, Jumat (12/11/2021), pengguna jalan tampak mengalami kesulitan melewati akses yang berlubang, berlumpur dan menanjak. Tak jarang, para pengendara roda dua terjatuh akibat terjebak ke dalam lubang yang berjejer rapi di badan jalan.

Pesepeda motor di antaranya, Imam R A Lubis (29), Wiwik Mandayani (37) dan Sani Sahuri Siregar (37) kepada wartawan mengaku sangat kesulitan saat melintasi jalan tersebut. Sepeda motor mereka kerap terperosok dan sukar ke luar dari lubang yang berlumpur.

"Kalau lewat jalan ini, perasaan kami pasti was-was karena takut terjebak ke dalam lubang. Apalagi, di musim penghujan saat ini," kata Imam diamini pesepedamotor lainnya.

Sementara itu, warga Kampung Kristen, Poltak Sihombing (52) mengaku kecewa dan menyatakan pihak Perkebunan Silau Dunia, khususnya Asisten Afdeling VII dinilai kurang peduli terhadap kondisi lingkungan di sekitar areal kebun. Sebab, jalan yang berlumpur itu sudah berlangsung beberapa bulan terakhir, sejak dilakukannya proses replanting atau tanam ulang.

"Seharusnya, pihak Kebun Silau Dunia lebih tanggap dalam melihat kondisi jalan yang juga sering dilalui oleh anak sekolah. Permasalahannya, akses ini juga salah satu Hauling Road (jalan angkut) yang digunakan sebagian besar masyarakat Desa Ujung Negeri Hulu dan Ujung Negeri Kahan, Kecamatan Bintangbayu. Saya kerap melihat anak sekolah SMP Negeri Bintangbayu yang di Ujung Negeri Hulu terjatuh di jalan rusak itu," katanya.

Terpisah, Manager PTPN III Kebun Silau Dunia, Kasiaman Saragih ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya menyatakan, pihaknya akan siap membantu untuk melakukan perbaikan pada ruas jalan tersebut. Namun saat ini, lanjutnya, belum dapat dilakukan perbaikan karena terkendala intensitas curah hujan yang sangat tinggi.

"Kami siap melakukan perbaikan di jalan tersebut. Hanya saja, kendalanya curah hujan akhir-akhir ini sangat tinggi. Jika cuaca sudah tidak hujan lagi, maka secepatnya kami turunkan alat berat dan material batu untuk memerbaikinya," ucap Kasiaman sembari meminta kepada Pemerintahan Desa Ujung Negeri Kahan untuk melayangkan surat permohonan ke perusahaan. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com