Rabu, 12 Juni 2024 WIB

Kadiskes Sumut Beri Dukungan dan Semangat Untuk Para Ahli Gizi

Redaksi - Senin, 17 April 2023 17:38 WIB
190 view
Kadiskes Sumut Beri Dukungan dan Semangat Untuk Para Ahli Gizi
Foto Dok/Dinkes Sumut
FOTO BERSAMA: Kadiskes Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes foto bersama dengan para ahli gizi saat menghadiri pengucapan sumpah/janji profesi nutrisionis di Gedung Auditorium FT Unimed, Sabtu (15/4). 
Medan (SIB)
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Kadiskes Sumut) dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes memberikan dukungan dan semangat kepada para ahli gizi saat menghadiri pengucapan sumpah/janji profesi nutrisionis di Gedung Auditorium Fakultas Teknik (FT) Unimed, Sabtu (15/4).

Peserta yang diambil sumpah/janji ini adalah mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studinya di Program Studi Gizi FT Unimed yang berjumlah 39 orang.

Setelah selesai diambil sumpah/janji profesi nutrisionis dan ditandatangani oleh saksi, nama-nama peserta yang berjumlah 39 orang itu diserahkan kepada Ketua DPD Persatuan Gizi Indonesia (Persagi) Sumut Efendi S Nainggolan SKM MKes dan kemudian diserahkan kepada Dinkes Sumut agar dapat diberdayakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Sumut.

Alwi Mujahit Hasibuan menyebutkan memperbaiki gizi sebenarnya sangat mudah, yaitu apabila setiap kali makan ataupun minum selalu berdoa terlebih dahulu. "Saya yakin bahwa kebiasaan berdoa ini masih sangat rendah di kalangan masyarakat sehingga makanan yang dimakan itu hilang keberkahannya," katanya.

Ia juga menyampaikan, sesuai data Riskesdas 2018 menunjukkan adanya perbaikan status gizi pada balita di Indonesia. Proporsi status gizi sangat pendek dan pendek turun dari 37,2% (Riskesdas 2013) menjadi 30,8%. Demikian juga proporsi status gizi buruk dan gizi kurang turun dari 19,6% (Riskesdas 2013) menjadi 17,7%.

"Namun yang perlu menjadi perhatian adalah adanya tren peningkatan Proporsi Obesitas orang dewasa sejak tahun 2007 sebagai berikut 10,5% (Riskesdas 2007), 14,8% (Riskesdas 2013) dan 21,8% (Riskesdas 2018). Untuk itu dalam rangka mencegah terjadinya dan sekaligus menanggulangi masalah gizi diperlukan nutrisionis yang kompeten sehingga mampu mrlaksanakan pelayanan gizi yang baik dan berkualitas," ujarnya.

Ia menyampaikan, sangat mendukung dan mengapresiasi kepada para ahli gizi yang baru saja diambil sumpah/janjinya. Tetap semangat dan harapan saya jangan cuma berhenti sampai disini saja, ini harus kalian lanjutkan ke jenjang berikutnya, agar keilmuan kalian tentang gizi lebih tajam lagi juga lebih luas.[br]


Sementara, Ketua Program Studi Gizi Unimed Dr Esi Emilia MSi mengucapkan terima kasih pada alumni Prodi Gizi dan memberikan selamat menunaikan tugas dan menjalankan amanah sebagai nutrisionis. "Saya turut bangga karena sampai saat ini Prodi Gizi adalah jadi Prodi terfavorit di Unimed ini," ucapnya.

Kemudian, Efendi S Nainggolan mengatakan, kebutuhan tenaga ahli gizi di daerah baru terpenuhi 60%, jadi masih banyak sekali kekurangan yang harus dipenuhi untuk mencapai 100%.

Sedangkan, Dekan Fakultas Teknik Unimed Prof Dr Harun Sitompul MPd sangat bangga kepada para ahli gizi. "Selamat saya ucapkan kepada kalian karena kalian telah berhasil mendapatkan dua hal, yang pertama Ijazah, yang kedua sumpah/janji, saya berharap keilmuan yang telah berhasil semua diraih di Fakultas Teknik ini dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat," tegasnya. (SS6/a)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Suhu Udara di Kota Medan 35°C, Kadiskes Sumut Imbau Masyarakat Perbanyak Minum Air Putih dan Makan Buah
Ahli Gizi Sutanto Eryadi MPh Sebut KPU dan Pemerintah Harus Perhatikan Gizi Makanan PPS dan PPK
Kadiskes Sumut Hadiri Deklarasi Stop BAB Sembarangan di Kantor Bupati Paluta
Kadiskes Sumut Imbau Masyarakat Tidak Pelihara Hewan Penular Rabies
Kadiskes Sumut Minta Jemaah Haji Jaga Kebugaran, Konsumi Buah dan Sayur
Kadiskes Sumut Beri Dukungan dan Semangat Untuk Para Ahli Gizi
komentar
beritaTerbaru