Kapolres Sibolga Tinjau Rumah Potong Hewan, Belum Ada Ditemukan Penyakit Hewan Menular


257 view
Kapolres Sibolga Tinjau Rumah Potong Hewan, Belum Ada Ditemukan Penyakit Hewan Menular
Foto: Dok/Humas Polres Sibolga
TINJAU RPH: Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja bersama para PJU Polres Sibolga saat melakukan peninjauan dan pengawasan ke RPH dalam rangka antisipasi masuknya penyebaran PMK, Sabtu (14/5). 

Sibolga (SIB)

Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja bersama para PJU Polres Sibolga dan Kepala Dinas Perikanan, Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sibolga Anwar Sadat melakukan peninjauan dan pengawasan ke Rumah Potong Hewan (RPH) dalam rangka antisipasi masuknya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Sabtu (14/5).


Menurut Kapolres, peninjauan yang dilaksanakan untuk mengetahui apakah hewan yang dipotong dan dikonsumsi oleh masyarakat ditemukan penyakit hewan menular.


"Hasil peninjauan bahwa sejauh ini belum ada ditemukan penyakit hewan menular," katanya.


Menurutnya, pihak DPKPP Sibolga dan RPH agar mengawasi masuknya hewan ternak serta mendata hewan yang hendak di potong di RPH Sibolga.


Pada peninjauan tersebut, petugas RPH di Jalan Santeong Sibolga mengatakan hewan yang dipotong berasal dari Kabupaten Simalungun disertai dengan surat keterangan hewan sehat.


"Sebelum dilakukan pemotongan terlebih dahulu diperiksa kesehatan fisik hewan," katanya.


Hal senada juga diungkapkan petugas RPH di Aek Parombunan Sibolga bahwa dalam perhari RPH memotong sebanyak 3 ekor kerbau yang berasal dari peternak perorangan di wilayah Kabupaten Tapteng.


"Sebelum dilakukan pemotongan hewan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan dari segi fisik hewan dengan melibatkan dokter hewan dan bila sehat akan dikeluarkan surat keterangan sehat," katanya.


Patroli Bersepeda

Sementara di tempat berbeda, Wakapolres Sibolga Kompol R Sihombing memimpin patroli bersepeda bersama personel Sat Samapta Polres Sibolga sebagai wujud tanggung jawab meminimalisir pandemi Covid-19 serta meningkatkan pelayanan polisi di tengah-tengah masyarakat, Sabtu (14/5).


Rute yang dilalui dari Jalan Dr FL Tobing Sibolga, Jalan S Parman Sibolga, Jalan Zainul Arifin Sibolga lanjut ke Pelabuhan Lama Sibolga dan Pasar Kota Baringin seraya menyambangi wilayah pemukiman, keramaian pasar, perbankan dan objek vital ataupun tempat-tempat lain yang memiliki kerawanan gangguan Kamtibmas pasca hari raya Idul Fitri 1443 H.


Menurut Wakapolres, patroli bersepeda sebagai tindaklanjut perintah arahan dari Kapolres Sibolga dalam rangka kegiatan preventif monitor situasi Kamtibmas dan mengantisipasi gangguan kamtibmas serta penerapan prokes.


"Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan Polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat serta memudahkan petugas agar lebih leluasa langsung menyapa warga yang ditemui di pasar pusat keramaian," katanya seraya menambahkan kegiatan patroli juga diisi dengan membagikan masker dengan harapan agar masyarakat dapat memahami dan melaksanakan instruksi maupun himbauan pemerintah untuk selalu menerapkan prokes guna mencegah penyebaran Covid-19. (F2/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com