Kejari Sibolga Gelar Pemusnahan Barang Bukti Perkara


177 view
Kejari Sibolga Gelar Pemusnahan Barang Bukti Perkara
Foto SIB / Marlon Pasaribu
Bakar : Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan disaksikan Kajari Sibolga Irvan Samosir dan undangan lainnya memasukkan bungkusan berisi ganja ke tong tempat pembakaran pada acara pemusnahan barang bukti perkara di halaman Kantor Kejari Sibolga, Kamis (21/10/2021).
Sibolga (harianSIB.com)

Kejari Sibolga menggelar pemusnahan barang bukti perkara yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) berupa sabu, ganja dan ekstasi dengan cara diblender dan dibakar di halaman Kantor Kejari Sibolga di Jalan Sutomo Sibolga, Kamis (21/10/2021).

Kajari Sibolga Irvan Samosir kepada wartawan termasuk jurnalis Koran SIB Marlon Pasaribu mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 268 perkara dengan kurun waktu Desember 2020 sampai Oktober 2021 masing-masing 187 perkara narkotika, 15 perkara keamanan dan ketertiban umum, 66 perkara orang dan harta benda.

"Ganja 17,283,22 gram, sabu 516,45 gram dan ekstasi 3,46 gram," katanya seraya menambahkan cara memusnahkannya antara lain sabu dan ekstasi diblender kemudian dibakar selanjutnya ganja, bong, pakaian, kartu dan nomor judi dibakar sedangkan barang bukti hp dihancur.

Menurutnya, pemusnahan barang bukti perkara ini juga seiring dengan pelaksanaan rehab ruangan barang bukti di kantor Kejari Sibolga.

Kajari menambahkan bahwa saat ini kasus narkotika merupakan kasus yang mendominasi dalam penanganan berkas di Kejari Sibolga.

"Penghuni Lapas Sibolga saat ini sebanyak 75 persen adalah merupakan napi kasus narkoba," katanya seraya mengimbau agar masyarakat termasuk para orang tua turut memperhatikan perkembangan anak sebagai antisipasi terhadap pergaulan anak dan penyalahgunaan narkotika.

Turut hadir sekaligus melakukan pemusnahan barang bukti dengan cara dibakar di antaranya Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan, Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Lumbantobing, Wakil Bupati Tapteng, para Kasi Kejari Sibolga, jaksa dan undangan lainnya. (*)

Editor
: Robert /Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com