Komisi IV DPRD Medan Harapkan Perhatian Pemko Terhadap Warga Sekitar Bantaran Sungai


170 view
Komisi IV DPRD Medan Harapkan Perhatian Pemko Terhadap Warga Sekitar Bantaran Sungai
Foto Dok
Paul MA Simanjuntak SH, Syaiful Ramadhan
Medan (SIB)
Seringnya terjadi banjir akibat meluapnya sejumlah sungai di Kota Medan hendaknya menjadi perhatian Pemko dan pemerintah pusat melalui instansi terkait. Warga sering kesusahan akibat naiknya debit air sungai dan membanjiri kawasan rumah warga.

“Masyarakat sangat berharap ada tindakan dari Pemko dan pemerintah pusat terhadap sejumlah sungai yang ada di Kota Medan, agar tidak lagi terjadi banjir,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak SH kepada wartawan, Senin (17/5) menanggapi kerapnya warga kebajiran akibat luapan air sungai.

Disebutkan Politisi PDI Perjuangan itu, pemeliharaan sungai bisa dilakukan dengan melakukan pengerukan sehingga sungai semakin dalam dan bisa menampung debit air yang tinggi. Bahkan kalau bisa, sungai-sungai di Kota Medan ditata dan dijadikan kawasan wisata agar lebih menarik dan bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan.

Pemko juga diharapkan bisa memberi perhatian terhadap warga yang kerap kebanjiran. “Setidaknya, menganggarkan sejumlah dana agar warga yang kerap kebanjiran bisa dibantu saat terjadi air pasang sungai,” pungkasnya.

Hal senada diungkapkan Anggota Komisi IV dari F-PKS Syaiful Ramadhan yang ditemui terpisah. Disebutkannya, khusus luapan sungai Deli di Kota Medan kerap membanjiri rumah warga yang ada di bantaran sungai. Diharapkannya, aparat Pemko Medan bisa lebih peduli dalam melayani masyarakat.

Di beberapa lokasi, kepedulian aparat Pemko Medan terhadap warga yang tertimpa musibah dinilainya masih kurang, padahal Wali Kota Medan sudah menekankan soal pelayanan maksimal kepada masyarakat.

"Banjir di kawasan sungai Deli sudah menjadi langganan warga. Namun, aparat Pemko Medan dari tingkat kepala lingkungan, lurah dan camat serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sepertinya kurang sigap dan tanggap," ujarnya kepada wartawan.

Namun, politisi muda PKS Kota Medan ini mengapresiasi kunjungan yang dilakukan Wali Kota Medan ke pemukiman warga yang terdampak musibah banjir. Dikatakannya, masyarakat yang terkena musibah seperti banjir di bantaran Sungai Deli mengharapkan kesigapan aparat pemerintahan sedini mungkin.

"Warga yang terkena musibah disibukkan dengan menyelamatkan harta benda sehingga lupa menyiapkan makanan. Diharapkan warga, ada kepedulian aparatur seperti menyiapkan makanan dan kebutuhan utama para korban,” sebutnya.

Syaiful juga mengusulkan adanya pengalokasian anggaran bantuan bencana di setiap kelurahan yang terdampak banjir. (A12/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com