Perayaan Natal di Labuhanbatu Raya Aman dan Mematuhi Prokes

* Seluruh Gereja Dikawal Polisi dan Tentara

378 view
Perayaan Natal di Labuhanbatu Raya Aman dan Mematuhi Prokes
Foto: Dok/Polres
CUCI TANGAN: Ketua DPRD Labuhanbatu Hj Meika Riyanti Siregar bersama Kapolres AKBP Deni Kurniawan, Kasdim 0209/LB Mayor Arh Muji Santoso, pejabat Pemkab dan Polres antre menyuci tangan pakai sabun pada tempat yang disediakan di lokasi Gereja Katolik St Petrus Jalan H Adam Malik Rantauprapat, saat memantau Kamtibmas pada malam Natal, Kamis (24/12) malam.
Rantauprapat (SIB)
Perayaan Natal di Labuhanbatu Raya berlangsung aman, kondusif dan mematuhi protokol kesehatan. Seluruh gereja di Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan Labuhanbatu Utara (Labura) dikawal polisi dibantu tentara untuk mengantisipasi gangguan terhadap peribadahan.

Unsur pimpinan daerah (Uspida) dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Labuhanbatu juga memantau ibadah Natal mulai malam Natal hingga ibadah Natal kedua, Sabtu (26/12). Kehadiran Forkopimda untuk memastikan jemaat Kristiani aman dan nyaman beribadah merayakan Natal tahun 2020.

Forkopimda bersama Ketua FKUB Labuhanbatu Khairul Dalimunthe juga mengunjungi jemaat di gereja di malam penyambutan Natal, Kamis (24/12) malam. Forkopimda Labuhanbatu menyampaikan selamat Natal bagi masyarakat Labuhanbatu yang beragama Katolik dan Kristen Protestan.

Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe, Ketua DPRD Hj Meika Riyanti Siregar, Kapolres AKBP Deni Kurniawan dan Kasdim 0209/LB Mayor Arh Muji Santoso, memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat saat ibadah malam Natal di Gereja Katolik St Petrus Jalan H Adam Malik dan GMI Makedonia Jalan Ahmad Yani Rantauprapat.

"Selamat Natal kepada bapak dan ibu beserta seluruh umat Kristiani dan selamat tahun baru buat kita semua. Semoga tahun 2021 nanti kita diberi kesehatan dan umur yang panjang serta limpahan rezeki oleh Allah SWT," sebut AKBP Deni Kurniawan, di Gereja Methodis Indonesia (GMI) Makedonia di Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Deny menyebut ibadah malam Natal di Kabupaten Labuhanbatu kondusif dan mematuhi protokol kesehatan 3M serta tidak ada hambatan terhadap peribadahan malam Natal.

"Lancar, kondusif dan 3 M (memakai masker, menyuci tangan pakai sabun pada air mengalir dan menjaga jarak) diterapkan," sebut Kapolres Deni.

Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe menyebut Forkopimda mengunjungi gereja untuk melihat langsung pelaksanaan ibadah malam Natal berlangsung damai, aman serta penerapan terhadap protokol kesehatan (Prokes) oleh pelayan gereja dan jemaat yang mengikuti peribadatan.

"Sama-sama kita lihat tersedia tempat cuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker juga diterapkan. Ini menandakan bahwa masyarakat Labuhanbatu sudah memahami pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Semoga hingga tahun baru nanti Labuhanbatu tidak ada gangguan apapun," ujarnya.

Prokes juga diterapkan pelayan seluruh gereja dan jemaat saat mengikuti ibadah Natal, Jumat (25/12). Ibadah perayaan Natal itu juga berlangsung, hikmat, aman dan damai. Saat itu memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat saat perayaan Natal di Labusel serta memonitor Kamtibmas di Labura.

"Pantauan kami di lapangan kondusif. Saya memantau di wilayah Labusel," kata Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan menjawab SIB melalui WhatsApp.

Kapolres Deny Kurniawan juga menyebut tidak ada hambatan atau gangguan dalam pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Katolik dan Kristen Protestan di Labuhanbatu Raya wilayah hukum Polres Labuhanbatu.

Dia mengimbau semua pelayan gereja dan jemaat dan beserta seluruh masyarakat Labuhanbatu Raya tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus corona (Covid-19). Ia juga berharap pandemi Covid-19 segera berlalu.

Ibadah perayaan Natal di HKBP Padangpasir Resort Rantauprapat berlangsung tertib dan khusyuk. Setiap jemaat memakai masker dan menyuci tangan pakai sabun pada tempat yang tersedia sebelum memasuki gereja. Satu keluarga boleh duduk sebangku lebih 2 orang.

Ibadah itu dipimpin Bibelvrow Kasih Maria SPd dibantu liturgis St J Simatupang, pewarta jemaat St M Tambun dan pelayan lainnya St P Situmorang, St W Pardede, St O br Silaban St R br Panjaitan, St K Siregar, St NR Sihombing, St M Maharaja.

Bibelvrow Kasih Maria mengutip khotbah dari Heber 1:1-4, bahwa Tuhan, Allah, menampakkan diriNya melalui AnakNya, Yesus Kristus yang lahir ke dunia. Yesus Kristus lahir untuk menebus dosa dan menyelamatkan manusia dari belenggu dosa, serta mengajarkan kasih dalam setiap kehidupan bermasyarakat.

"Tuhan, Yesus Kristus selalu menyertai, melindungi dan memberkati serta memberi hikmat bagi setiap orang percaya kepadaNya," jelasnya. (BR6/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com