Diskop Sumut Terus Tingatkan Produk UMKM Naik Kelas


181 view
Diskop Sumut Terus Tingatkan Produk UMKM Naik Kelas
(ANTARA/Michael Siahaan)
Pelaku UMKM Medan menjual dagangannya di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49, Kompleks PRSU, Medan, Sabtu (17/6/2023). Ilustrasi
Medan (SIB)
Pemprov Sumut melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sumut terus meningkatkan produk Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) naik kelas.
Hal itu dikatakan Kadis Koperasi dan UKM Sumut Dr Naslindo Sirait SE MM kepada SIB, Kamis (15/2) melalui telepon seluler.
Dijelaskan Naslindo, Presiden RI Joko Widodo memuji produk Usaha Mikro Kecil Menengah dari Sumut, karena memiliki packaging atau kemasan yang bagus. Katanya produk itu patut dijadikan contoh, karena dapat dipasarkan di manapun.
Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo saat silaturahmi dengan ribuan peserta program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di Lapangan Lima Puluh, Kabupaten Batubara, baru-baru ini.
Presiden senang produk-produk yang ada di Sumut packaging kemasannya sudah bagus-bagus. Seperti keripik tempe merk bilqis, keripik jahe, susu kambing. Itu semua bagus kemasannya, bisa dijual kemana-mana.
Presiden mengatakan, produk-produk dengan kemasan yang bagus akan gampang dijual asalkan harganya kompetitif. Yang terpenting katanya, dalam berwirausaha semangat adalah modal utama kemudian kerja keras serta disiplin dan membentuk karakter entrepreneurship.
Dalam acara itu Pj Gubernur Sumut Hassanudin juga merasa senang bahwa pelaku UKM di Sumut sudah mulai naik kelas.
Dinas Koperasi dan UKM telah menyiapkan sejumlah strategi dalam upaya meningkatkan kualitas daya saing Koperasi dan UMKM di Sumut.
Seperti penguatan kualitas Koperasi dan UMKM (scale up) melalui inkubator bisnis dan plut entrepreneur learning centre (pelatihan peningkatan kualitas SDM, struktur organisasi, pengelolaan usaha, pemasaran, permodalan sarana dan prasarana usaha, jaringan bisnis).
"Dalam meningkatkan kualitas UKM di Sumut Diskop juga melakukan sejumlah pelatihan seperti bagaimana membuat kemasan yang bagus. Untuk itu.atas nama Pemprov mengucapkan terima kasih atas pujian dari Presiden RI terhadap produk KUMKM Sumut yang mengatakan sudah bagus dalam hal kemasan produk. Pemprov Sumut terus berupaya melakukan terbaik untuk pelaku UKM," karena. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com