Drs Daniel Pinem Apresiasi Normalisasi dan Pembersihan Sungai Deli


176 view
Drs Daniel Pinem Apresiasi Normalisasi dan Pembersihan Sungai Deli
Foto: Ist/harianSIB.com
Drs Daniel Pinem

Medan (SIB)

Sekretaris F-PDI Perjuangan DPRD Medan Drs Daniel Pinem mengapresiasi kinerja Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution yang terbukti berhasil bekerjasama dengan TNI AD dan Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II melakukan gotong royong membersihkan Sungai Deli guna meminimalisir banjir.

"Kita apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan atas kolaborasinya sehingga Sungai Deli saat ini bersih dari sampah dan lumpur. Kedepannya, diharapkan pengawasan Pemko untuk menjaga kebersihan sungai lebih ditingkatkan," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (30/12).

Ditegaskannya, program pengendalian banjir dan menjaga kebersihan patut didukung semua pihak. Seiring dengan pernyataan Wali Kota Medan Bobby Nasution dengan akan menerapkan Perda Kota Medan No 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan mulai 1 Januari 2024, itupun harus didukung penuh.

Daniel pun menyarankan agar Pemko Medan menyiapkan sarana dan prasarana tempat pembuangan sampah. Seperti, menyediakan TPS atau kebutuhan lainnya tempat pembuangan sampah di setiap lingkungan. "Kiranya sarana dan prasarana dipastikan lengkap. Sehingga penerapan Perda lebih lancar. Jangan lah pula kita tegas menindak masyarakat bagi yang melanggar Perda tetapi sarana dan perangkatnya tidak kita siapkan," tandasnya.

Ditambahkannya, petugas kebersihan diharapkan agar tidak terlambat mengangkut sampah dari TPS. "Saat ini banyak warga mengeluhkan keterlambatan angkut sampah yang mengakibatkan bau busuk dan meresahkan warga sekitar," sebutnya.

Seperti diketahui, sejak dilakukan gotong royong pembersihan sungai sejak 27 September sampai 22 Desember 2023 oleh Pemko Medan berkolaborasi dengan TNI AD dan Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II ini berhasil membersihkan aliran Sungai Deli sepanjang 67.550 meter, mengangkat 26.552 ton sampah dan 23.705 meter kubik sedimentasi.

Peserta gotong royong sebanyak 1.852 orang terdiri atas unsur Petugas Pemelihara Prasarana dan Sarana Umum (P3SU), unsur TNI AD, Badan Wilaya Sungai Sumatera (BWSS) II, Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (SDABMBK), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com