42 Siswa/i SMAN 3 Medan Diterima di Sejumlah PTN


207 view
ANTARA FOTO/Dede Rizky Permana/wsj.
Ilustrasi foto, Sejumlah siswa mengisi formulir masuk ke perguruan tinggi 
Medan (SIB)
Sebanyak 42 siswa/i SMAN (Sekolah Menengah Atas Negeri) 3 Medan diterima menjadi mahasisw/i di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur undangan atau SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri). Sementara tahun lalu mencapai 32 orang diterima di sejumlah PTN.

Demikian dikatakan Kepala SMAN 3 Medan Elfi Sahara SPd MSi kepada SIB di Sekolahnya Jalan Budi Kemasyarakatan Pulo Brayan Medan Barat, Minggu (4/4).

Menurut Elfi, para siswa/i terbaik dari SMAN 3 Medan tersebut diterima menjadi mahasiswa/i untuk tahun akademik (TA) 2021/2022 lewat jalur undangan atau SNMPTN di berbagai PTN di tanah air, di antaranya UNDIP (Universitas Diponegoro) Jateng, UGM (Universitas Gajah Mada) Yogyakarta Unbraw (Universitas Brawijaya) Jatim, USU (Universitas Sumatera Utara), Polmed (Politeknik Medan) dan Unimed (Universitas Medan).

Dijelaskan, keberhasilan siswa/i SMAN 3 Medan masuk dominasi sebagai mahasiswa/i di sejumlah PTN merupakan anugerah dan kerja keras para anak didik kelas XII yang telah menyelesaikan studi selama 3 tahun.

Lebih lanjut dikatakan, prestasi diraih siswa/i nya juga tidak terlepas dari peran segenap guru atau tim guru di SMAN 3 Medan khususnya guru-guru bidang studi atau mata pelajaran yang telah berupaya mendidik serta memberikan pengampuan soal-soal ujian sesuai bidang studi nasing-masing.

Selain itu, kata Elfi, siswa/i terus berupaya meningkatkan potensi pembelajaran selama kurun waktu 3 tahun dan tidak bergantung ke pihak sekolah. Artinya, para siswa/ i belajar mandiri di luar sekolah.

"Siswa/i mencari tambahan belajar di luar sekolah, berupa privat les, bimbingan belajar dan sejenisnya secara kelompok atau pribadi lewat jalur formal di Bimbel (Bimbingan Belajar) maupun secara online," jelasnya.

Menyinggung soal prestasi siswa di sekolah, lanjut Elfi, selain meraih prestasi bidang akademik masuk ke berbagai perguruan tinggi negeri, siswa/i nya juga pernah meraih juara olimpiade tingkat provinsi dan nasional. Kemudian meraih prestasi di bidang olah raga maupun sastra.

DUTA REMAJA
Sementara itu, dua siswa SMAN 3 Medan terpilih sebagai duta remaja Kota Medan tahun 2021, baru-baru ini.
Kedua siswa tersebut adalah Dio Ferdiyansyah dan Alfio Reyhanda sukses meraih prestasi menjadi duta remaja Kota Medan.

Berbagai tahapan yang dilalui kedua siswa, yakni mulai seleksi berkas pendaftaran, seleksi ujian pengetahuan dan wawancara, pra karantina, karantina hingga malam puncak secara selektif dan ketat. (R14/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Tag:PTN
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com