Kamis, 18 Juli 2024

WHO Peringatkan Israel, Serangan ke Rafah akan Picu Pertumpahan Darah

Wilfred Manullang - Sabtu, 04 Mei 2024 13:06 WIB
385 view
WHO Peringatkan Israel, Serangan ke Rafah akan Picu Pertumpahan Darah
(Xinhua)
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus.
New York (harianSIB.com)

Rencana militer Israel menyerang Kota Rafah di Jalur Gaza terus mendapat pertentangan dari sejumah negara dan organisasi-organisasi dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan bahwa invasi militer Israel ke kota Rafah di Gaza selatan dapat menyebabkan "pertumpahan darah". Badan kesehatan PBB tersebut pun mengumumkan rencana darurat terkait rencana serangan Israel ke Rafah.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan kemungkinan dampak buruk terhadap 1,2 juta orang yang mengungsi di Rafah.

"WHO sangat prihatin bahwa operasi militer skala penuh di Rafah, Gaza, dapat menyebabkan pertumpahan darah dan semakin melemahkan sistem kesehatan yang sudah rusak," kata Tedros dalam postingan di media sosial X, yang sebelumnya bernama Twitter seperti dilansir dari Detikcom, Sabtu (4/5/2024).

WHO mengumumkan rencana darurat, namun memperingatkan "sistem kesehatan yang rusak tidak akan mampu mengatasi lonjakan korban dan kematian akibat serangan Rafah".

"Ini sama sekali tidak akan mencegah tambahan angka kematian dan luka-luka yang diperkirakan disebabkan oleh operasi militer tersebut," ujar perwakilan WHO di wilayah Palestina Rik Peeperkorn kepada para wartawan di Jenewa, Swiss.
Menurut WHO, sebagian besar fasilitas kesehatan di wilayah Gaza telah rusak atau hancur di tengah bombardir besar-besaran Israel. Hanya 12 dari 36 rumah sakit di Gaza dan 22 dari 88 fasilitas kesehatan primer yang "berfungsi sebagian", kata badan kesehatan PBB tersebut.

PM Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya telah bertekad untuk menghancurkan para anggota Hamas yang tersisa di Rafah, tempat sebagian besar penduduk Gaza mencari perlindungan dari perang selama hampir tujuh bulan. (*)


Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
WHO
beritaTerkait
Whoosh Dituding Penyebab WIKA Alami Kerugian Besar
WHO: Penggunaan Alkohol dan Vape di Kalangan Remaja Mengkhawatirkan
WHO Sebut Risiko Kesehatan Masyarakat Akibat Flu Burung Kecil
WHO Prihatin Flu Burung Makin Luas, Angka Kematian Lampaui 50 Persen
WHO: RI Masih Hadapi Beban Penyakit Menular Tropis yang Tinggi
WHO Sebut Populasi Gaza dalam Bahaya Besar, Korban Tewas Lampaui 21.000 Orang
komentar
beritaTerbaru