Minggu, 12 Mei 2024 WIB

Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta Lantik 24 Pejabat Administrator dan Pengawas

Redaksi - Selasa, 20 Februari 2024 20:18 WIB
281 view
Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta Lantik 24 Pejabat Administrator dan Pengawas
Foto: Net
Pandan (SIB)
Pj Bupati Tapteng, Sugeng Riyanta melantik pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Tapteng di Aula Kantor Dinas Pendidikan, Senin (19/2).

“Hari ini bapak/ibu telah mengucapkan sumpah janji atas nama Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, untuk mengemban tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan sebagai pelayan masyarakat,” kata Sugeng.

Proses ini dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Semuanya terukur, transparan dan akuntabel. “Saya berprinsip pengelolaan kepegawaian ini harus dilakukan dengan benar, dijauhkan dari like or dislike. Semua berpedoman pada PP 17 tahun 2020, tentang menajemen ASN,” katanya.

Menurut Sugeng, pelantikan ini dilakukan setelah melalui proses yang panjang. Sebagai Penjabat Bupati, ia mempunyai kewenangan yang sama dengan bupati definitif.

“Namun khusus pengangkatan dan pelantikan pejabat, saya wajib mendapatkan pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara, wajib mendapatkan persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri dan Gubernur,” katanya.

Oleh karena itu, prosesnya sangat akuntabel, semua ada tolak ukurnya di PP 17 Tahun 2020. Inilah kemudian yang harus dilaksanakan. Ada juga PP 94 tahun 2021 tentang disiplin ASN, ada juga UU tentang netralitas ASN.

“Semua menjadi pedoman, jadi yang kami lantik hari ini, semuanya sudah lulus skrining. Kalau tidak lulus skrining, tidak akan bisa dilantik, tidak boleh sembarangan untuk melantik,” tegas Sugeng Riyanta.

Sugeng meminta kepada pejabat yang dilantik untuk bekerja dengan baik. Pihaknya akan terus melakukan monitor dan evaluasi. Jangan salah gunakan jabatan, yang tidak bekerja sungguh-sungguh akan dievaluasi.

“Kita harus disiplin dalam bekerja agar meningkatkan kinerja. Mari kita benahi Tapanuli Tengah ini, mumpung kita masih diberikan kewenangan. Mari curahkan semua perhatian kemampuan daya pikir kekuatan untuk membangun Tapanuli Tengah,” katanya.

Sugeng menambahkan, bahwa di suasana tahun politik saat ini, pejabat yang dilantik segera menghentikan diskusi politik. Bersikaplah netral, karena ASN dilarang terlibat dalam politik praktis.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan pertolongan dan keridhoan pada saudara-saudara semua. Saya titip, kepada camat dan lurah turun ke masyarakat. Harus tanggap, fokus kita ke depan adalah masalah kesejahteraan,” kata Sugeng Riyanta.

Acara pelantikan itu dihadiri Pj Ketua TP PKK Tapteng, Ny Ade Sugeng Riyanta, para asisten, staf ahli bupati dan para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng. (**)



SHARE:
Tags
beritaTerkait
Dr Sutarto MSi Dilantik Jadi Ketua DPRD SU Pengganti Almarhum Drs Baskami Ginting
508 Guru Lulus Ujian P3K 2023 Lalu Belum Dilantik, Ini Kata Kepala BKPSDM Labura
Lantik 3 WR UMI, Pdt Binran Sipayung: Berbuatlah yang Luar Biasa
Sempat Dibatalkan, Bupati Humbahas Kembali Lantik 29 Orang Pejabatnya
Bupati Humbahas Batalkan Pelantikan 52 Pejabat, Mendagri Hanya Setujui 29 Orang Dilantik Ulang
Bupati Batalkan SK Pelantikan 52 Orang Pejabat Pemkab Humbahas
komentar
beritaTerbaru