Selasa, 21 Mei 2024 WIB

Dermaga Pelabuhan Umum akan Dibangun di Pangkalansusu Langkat

Redaksi - Kamis, 08 Juni 2023 12:35 WIB
260 view
Dermaga Pelabuhan Umum akan Dibangun di Pangkalansusu Langkat
Foto: Dok Kominfo Langkat
Usai presentase rencana pembangunan dermaga pelabuhan umum Pangkalansusu, Kepala (KsOP) Pangkalansusu Merdi Loi,SE, MM (6 dari kiri) foto bersama Plt Bupati Langkat Syah Afandin SH didampingi Sekda Langkat 
Langkat (SIB)
Rencana pembangunan Dermaga Umum Pelabuhan Pangkalansusu disampaikan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat Syah Afandin. Presentase itu dilakukan pihak Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Pangkalansusu, bertempat di Ruang Rapat Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Rabu (7/6).

Dalam kunjungannya Kepala Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KsOP) Pangkalansusu Merdi Loi, SE, MM terkait akan didirikan pelabuhan umum di Kecamatan Pangkalansusu.

Merdi menyampaikan kepada Plt.Bupati Langkat dan para kepala perangkat daerah, dasar hukum lahirnya Dermaga Umum ada dalam Undang-Undang No 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, kemudian PP Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pelabuhan, sebagaimana telah diubah menjadi PP Nomor 64 Tahun 2015, PP Nomor 31 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Pelayaran dan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2021 tentang Terminal Khusus dan Terminal untuk Kepentingan Sendiri.

Sedangkan Pangkalansusu belum mempunyai dermaga umum, hanya ada dermaga milik Pertamina dan PLN saja. Sedangkan pelabuhan umum yang akan dibuat belum mempunyai lahan jadi yang mau diusulkan adalah peralihan aset milik Pertamina kepada Pemda untuk pelabuhan tersebut.

Pengalihan aset ini dimungkinkan sesuai dengan Permenhub nomor PM 52 tahun 2021 tentang Terminal Khusus dan Terminal untuk Kepentingan Sendiri yang dapat diserahkan kepada pemerintah dengan peralihan aset.

"Dan ini sudah kita surati Pertamina dan mohon nanti kepada bapak untuk bisa mendukung dalam hal ini seperti yang kami laporkan tadi, bahwa sampai sekarang belum ada lahan untuk Dermaga Umum Pangkalansusu," sebutnya.

Dalam paparannya, Syah Afandin mengatakan yang disampaikan Ka.KSOP Pangkalansusu itu secara umum merupakan pekerjaan berat, tapi harus dimulai.[br]


"Saya tertarik dengan konsep yang Bapak sampaikan di pertemuan awal kita kemarin. Maka saya minta ini dalam bentuk paparan bahwa yang harus kita lakukan adalah bagaimana agar aset Ex.Japex bisah beralih menjadi aset Pemda," sebut Plt Bupati Langkat.

“Ini menjadi mimpi saya dari dulu agar ada pelabuhan umum di Langkat, proses ini diawali mulai tahun 2016 lewat DPRD, kemudian terjawab sudah bahwa hari ini kita punya peluang untuk itu. Saya pikir langkah awal nanti kita sinergikan dengan Kementerian Perhubungan, kemudian karena ini terkait tentang pelabuhan umum yang akan dibuat," inmbuhnya.

Menurutnya, yang perlu dipikirkan ke mana harus masuk, karena ini asetnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kemudian administrasi-administrasi yang diperlukan nanti mungkin dapat berkoordinasi ke Pertamina. “Kita fokuskan karena itu perlu, kalau nggak tembus kita cuman khayalan, kalau itu sudah oke nanti tinggal kita atur pertemuannya kapan, bersama kita berangkat ke Jakarta," sebut Afandin.

Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Langkat, Rina Wahyuni menyampaikan perencanaan membuat pelabuhan sinergi sekali dengan perencanaan Pemkab Langkat, yang juga ingin membuat kawasan industri. Artinya pelabuhan tidak akan beroperasional kalau tidak ada penampungan dan kawasan industri.

"Hari ini yang bapak sampaikan juga sesuai dengan perencanaan nasional yang disampaikan oleh pak Presiden, jadi memang ini nanti akhirnya diperlukan pelabuhan untuk bidang pertanian, perkebunan dan perikanan yang ada di Kabupaten Langkat dan daerah-daerah sekitarnya yang menjadi perencanaan," sebutnya. (A13/a)





Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Jalan Menuju SMPN 1 Pangkalansusu Langkat Butuh Segera Perbaikan
5 RKB SDN 054921 Pintu Air Langkat Butuh Segera Perbaikan
Dua Bangunan Tempat Usaha Kakak Beradik Terbakar di Pangkalansusu Langkat
Larang Wartawan Meliput, Praktisi Media Kecam Manajemen Terminal LPG Pangkalansusu Langkat
Genangan Air dan Lubang Warnai Jalan Kota Pangkalansusu Langkat
RKB SDN 057235 Bukit Jengkol Pangkalansusu Langkat Rusak Parah
komentar
beritaTerbaru