Wakil Ketua MPR Dorong Pembangunan UMKM Desa untuk Wujudkan Pembangunan Merata


151 view
Wakil Ketua MPR Dorong Pembangunan UMKM Desa untuk Wujudkan Pembangunan Merata
Foto: MPR RI
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat 
Jakarta (SIB)
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan peningkatan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi hal penting dalam mewujudkan pembangunan yang merata di Indonesia.
Oleh sebab itu, penting untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM dalam upaya menggali dan mengembangkan sejumlah potensi desa di Tanah Air.
"Strategi pembangunan mulai dari desa merupakan salah satu langkah strategis untuk mewujudkan pemerataan kesejahteraan rakyat dan pengembangan sektor UMKM desa bisa menjadi bagian dari proses tersebut," kata dalam keterangannya, Kamis (25/1).
Berdasarkan proyeksi Bank Dunia tahun 2023, dalam tiga tahun ke depan, ekonomi Indonesia diproyeksikan tumbuh lebih dari 0,1% setiap tahunnya.
Adapun sektor UMKM sebagai penggerak ekonomi Indonesia diproyeksikan bertambah mencapai 83,3 juta pelaku pada 2034.
Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah desa/kelurahan di Indonesia mencapai 83.794 desa/kelurahan pada 2022.
Berdasarkan sejumlah catatan tersebut, lanjut Lestari, desa di Indonesia berpotensi untuk mengembangkan UMKM di wilayahnya masing-masing.
"Sejumlah potensi yang dimiliki desa sangat beragam antara lain sumber daya alam, kerajinan tangan, pariwisata, pertanian dan industri kreatif," papar Lestari.
Wanita yang akrab disapa Rerie ini pun menegaskan upaya menggali dan memetakan potensi setiap desa harus segera dilakukan. Dengan begitu, langkah pengembangan UMKM di desa dapat menjadi lebih terarah.
Meski demikian, Lestari mengungkapkan upaya tersebut juga harus dilakukan secara terukur dan konsisten. Selain itu, keterlibatan para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, juga diperlukan dalam upaya pengembangan sektor UMKM dan sejumlah potensi yang dimiliki desa, seperti sumber daya manusia (SDM).
"Karena rangkaian upaya pengembangan tersebut membutuhkan kualitas SDM yang mumpuni untuk mengelolanya," ucapnya.
Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem ini pun berharap berbagai potensi yang dimiliki desa dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sehingga dapat memberikan ke kesejahteraan masyarakat secara lebih merata. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com