BNN Sosialisasi Narkoba dan Pencegahan ke Remaja HKBP Petra Pematangsiantar

* Pdt Henrido G Sitanggang MDiv: Gereja Memiliki Tanggungjawab Moral untuk Mencerdaskan Anak Bangsa

184 view
BNN Sosialisasi Narkoba dan Pencegahan ke Remaja HKBP Petra Pematangsiantar
Foto: SIB/Ekoinra Siahaan
TOLAK NARKOBA: Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Pematangsiantar, Dewi Sartika Tarigan SE (keempat dari kiri) bersama Pendeta Resort HKBP Petra Pematangsiantar, Pdt Henrido Gunawan Sitanggang MDiv (keempat dari kanan), St Melanthon Sipahutar SPd MSi, St Drs Lastum Lumbangaol, St Jamara RJ Manik MEc Dev dan remaja HKBP Petra Pematangsiantar foto bersama dengan fose tolak narkoba di gereja HKBP Petra Pematangsiantar, Minggu (28/11) sore.
Pematangsiantar (SIB)
Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pematangsiantar menyosialisasikan bahaya narkoba dan strategi pencegahannya kepada anak remaja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Petra Pematangsiantar di Gereja HKBP Petra Pematangsiantar, Minggu (28/11).

"Pertemuan ini sebenarnya diinisiasi HKBP Petra Pematangsiantar, untuk memberikan sosialisasi bahaya narkoba kepada generasi gereja atau pemuda-pemudi gereja di Pematangsiantar. Karena, banyak kalangan pemudatau narkoba itu berbahaya, tetapi mereka tidak tau apa dampaknya ke depan," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Pematangsiantar, Dewi Sartika Tarigan SE kepada SIB seusai acara.

Dewi mengatakan, kebanyakan pengguna narkoba, cenderung tidak memikirkan bahaya yang ditimbulkan terhadap dirinya ke masa datang. “Jadi, yang saya sampaikan kepada mereka (remaja) adalah, bahaya narkoba itu seperti apa, dampaknya seperti apa, cirinya seperti apa. Karena, masing-masing narkoba memiliki dampak dan efek yang berbeda sesuai dengan zat yang ditimbulkan dari narkoba itu sendiri," jelas Dewi.

Selain itu, menekankan bahwa narkoba itu dapat merusak masa depan, karena akan timbul kriminalitas yang baru ketika seseorang menggunakan narkoba. "Oleh karena itu, sosialisasi seperti ini, kami dari BNN sangat mengapresiasinya, untuk bisa memotivasi para generasi muda khususnya pemuda-pemudi gereja, tidak menjadi penyalahguna narkoba yang baru di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Dia berharap, dengan tersosialisasinya bahaya narkoba, tidak ada lagi generasi baru yang menjadi korban terhadap penyalahgunaan narkoba. "Kita mensosialisasikannya supaya masyarakat tau, efek dan dampak dari narkoba. Dan, tidak muncul pengguna yang baru di Kota Pematangsiantar," kata Dewi.

Sementara, Pendeta Resort HKBP Petra Pematangsiantar, Pdt Henrido Gunawan Sitanggang MDiv mengatakan, gereja memiliki tanggungjawab moral untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. "Kegiatan itu sengaja kita buat, sebab kita tau bahwa anak-anak kita ini, bukan hanya sekedar masa depan gereja, tapi mereka juga masa depan bangsa. Untuk itu, gereja berperan serta aktif sebagai garam dan terang memberikan pencerahan kepada generasinya," kata Pdt Henrido.

Untuk itulah gereja sengaja membuat kegiatan ini, karena kita merasa, ada banyak pemahaman- pemahaman yang kita dapat dari internet, tetapi kita tidak puas dengan itu, kita mau dapat dari sumber yang jelas seperti BNN. Sehingga, anak-anak betul betul sadar. Pertama, memahami apa itu narkoba, kedua, mereka dapat menghindarinya.

Mewakili orang tua remaja HKBP Petra Pematangsiantar, St Drs Lastum Lumbangaol mengatakan, seluruh orang tua di HKBP Petra Pematangsiantar menyambut baik kegiatan sosialisasi narkoba yang dilakukan oleh BNN Pematangsiantar.

Sementara, St Melanthon Sipahutar SPd MSi pengajar pelajar sidi di HKBP Petra Pematangsiantar mendukung penuh kegiatan sosialisasi narkoba yang dilakukan pihak BNN Pematangsiantar.

"Kita juga tau, ada ungkapan yang menyatakan, pemuda masa kini adalah gereja masa depan. Jadi kita berharap, kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan," kata St M Sipahutar mengakhiri.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu pujian, dilanjutkan dengan doa pembuka, dan ditutup dengan doa oleh, Pendeta Resort HKBP Petra Pematangsiantar, Pdt Henrido Gunawan Sitanggang MDiv.

Sosialisasi narkoba dihadiri, 25 orang remaja yang sedang belajar sidi, anak anak dari Panti Asuhan Elim HKBP Pematangsiantar, Naposo Bulung HKBP Petra Pematangsiantar dan St Jamara RJ Manik MEc Dev warga jemaat HKBP Petra Pematangsiantar sekaligus relawan anti narkoba di Kota Pematangsiantar. (D8/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com