PN Tarutung Gelar Sidang Lapangan Kasus Sengketa Tanah 3 Ha


433 view
PN Tarutung Gelar Sidang Lapangan Kasus Sengketa Tanah 3 Ha
Foto/Sahat M Sihite
SIDANG LAPANGAN : Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tarutung, Marta Napitupulu dalam sidang lapangan sengketa tanah 3 Ha di Desa Siborboron, Kecamatan Sijamapolang, Kabupaten Humbahas, Kamis (25/5). 

Sahat Simanullang, salah satu tergugat yang masih satu garis keturunan dengan penggugat mengatakan, saat orang tuanya masih hidup para penggugat tidak pernah memberitahu tanah mereka ada di Desa Siborboron?

“Kenapa harus di bilah-bilah tanah yang digugat penggugat. Penggugat mengatakan masih sanak famili, sedangkan para tergugat tidak mengenal sama sekali penggugat. Ada apa ini?,” katanya.

Kepala Desa (Kepdes) Siborboron, Mual Simanullang mengatakan, objek yang diperkarakan adalah Tombak Haminjon Nahornop, sedangkan ini Perkampungan Sosor Gadong II, jika memang ada tanah para penggugat di Desa Siborboron, tunjukkan siapa saja batas-batasnya, biar jelas,” kata Kepdes.

Menurut informasi perkampungan ini sudah ada mulai tahun 1933, dengan bukti Gereja HKBP telah berdiri tahun 1933, ujar Mual.

Berdasarkan data dari BPN Kabupaten Humbahas, tanah yang di klem penggugat sudah banyak yang disertifikatkan dan sudah hampir semua mempunyai sertifikat.

Setelah selesai sidang lapangan, Marta Napitupulu menutup acara tersebut dan sidang selanjutnya akan diadakan tanggal 31 Mei 2023 di Pengadilan Negeri Tarutung.

“Marilah kita ikuti sidang selanjutnya dengan saksi dan bukti masing-masing tergugat dan penggugat, sidang kami tutup,” kata Marta mengakhiri sidang. (G3/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com