Peringati HDKD, Imigrasi TBA Ikuti Doa Bersama untuk Negeri Pulih dari Covid-19


260 view
Peringati HDKD, Imigrasi TBA Ikuti Doa Bersama untuk Negeri Pulih dari Covid-19
(Foto: harianSIB.com/Regen Silaban)
DOA BERSAMA: Kakanim TBA Panogu HD Sitanggang dan jajaran mengikuti doa bersama yang digelar Kemenkumham bertajuk "Kumham untuk Negeri", secara virtual di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai, Jumat (1/10/2021). 

Tanjungbalai (harianSIB.com)

Memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) tahun 2021, Kemenkumham RI menggelar doa bersama secara virtual bertajuk "Kumham untuk Negeri" melibatkan 5 perwakilan dari agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha mendoakan Indonesia segera pulih dari pandemi Covid-19.


Doa bersama tersebut diikuti seluruh satuan kerja tingkat pusat dan wilayah, termasuk seluruh jajaran di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai - Asahan (Kanim TBA) dipimpin Kakanim Panogu HD Sitanggang, Jumat (1/10/2021).

Usai kegiatan, Kakanim Panogu Sitanggang kepada harianSIB.com, di kantornya, mengatakan, doa Kumham untuk negeri mendoakan masyarakat Indonesia agar segera pulih dari pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih belum berakhir, serta mendoakan jajaran Kemenkumham agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Disebutkannya, pandemi Covid-19 telah merenggut berbagai hal dalam kehidupan masyarakat semua. Sehingga menurutnya, penanganan pandemi pun tidaklah cukup bila hanya mengandalkan ikhtiar semata, namun perlu dilakukan munajat dan memohon perlindungan kepada Tuhan.

"Penanganan pandemi perlu dilakukan munajat dan memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar kita semua tetap diberikan kesehatan dan kekuatan dalam situasi pandemi ini. Doa Kumham untuk negeri ini merupakan ikhtiar batin guna menyempurnakan upaya lahir yang sudah dilakukan oleh pemerintah dan berbagai pihak dalam menangani pandemi ini, "kata Panogu.

Selain itu, lanjut Panogu, kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pembukaan HDKD tahun 2021 dengan tema Kumham Semakin Pasti, yang menjadi landasan dalam melaksanakan tugas sebagai bentuk pengabdian dan ungkapan syukur, serta menjadi suatu renungan yang dapat menumbuhkan semangat baru dan profesionalisme.

Dalam peringatan HDKD tahun ini, kata Panogu, Menkumham Yasonna Laoly menyampaikan lima hal yang perlu dilakukan Insan Pengayoman. Pertama adalah senantiasa melakukan pembenahan secara komprehensif. Kedua adalah pembenahan tersebut termasuk dalam kebijakan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, pengawasan melekat, serta monitoring dan evaluasi, dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi

"Ketiga, akurat dan tepat dalam membuat keputusan. Keempat, melayani masyarakat secara baik dan ramah, sesuai ketentuan yang berlaku. Terakhir, libatkan diri secara aktif, mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi, mengedukasi masyarakat untuk selalu disiplin melaksanakan prokes, mendukung program vaksinasi, serta aktif berkoordinasi dengan pemangku kepentingan," ucap Panogu mengakhiri. (*)

Penulis
: Regen Silaban
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com